DKP: Kapal Nelayan Bantuan Pusat Dikelola Koperasi

Jambi, AP – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi, menyebutkan operasional 10 kapal nelayan bantuan pemerintah pusat akan dikelola oleh dua koperasi di daerah itu.

“Penunjukan dua koperasi itu telah melalui tahapan verifikasi dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan dinyatakan layak untuk mengelola kapal bantuan tersebut,” kata Kepala Dinas DKP Tanjung Jabung Timur A Riadi Pane di Muarasabak, Kamis (15/09).

Pemerintah pusat melalui KKP memberikan bantuan sebanyak 18 kapal nelayan untuk Provinsi Jambi dengan bobot masing-masing 5 GT (Gross Tonnage), dan Tanjung Jabung Timur memperoleh 10 kapal.

Dua koperasi yang akan mengelola kapal bantuan KKP tersebut yakni Koperasi Nelayan Berkah Bahari di Kecamatan Nipah Panjang, dan Koperasi Nelayan Pesisir Ujung Timur di Kecamatan Kuala Jambi.

Kendati demikian, A Riadi Pane menjelaskan hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan kapal bantuan pusat tersebut tiba di Provinsi Jambi.

“Sementara informasi yang saya peroleh menyebutkan kapal bantuan untuk nelayan itu akan tiba di Jambi awal Oktober 2016,” kata dia.

Dalam upaya pemerintah membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir, A Riadi Pane menjelaskan para nelayan di Tanjung Jabung Timur sebelumnya juga pernah mendapatkan bantuan kapal pompong dari pemkab setempat.

“Kalau penyaluran kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan itu biasanya diserahkan melalui koperasi. Karena itu kita mendorong nelayan daerah ini untuk membuat koperasi atau mengaktifkan kembali koperasi yang telah ada,” kata dia.

Diharapkan nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan seiring dengan banyaknya hasil tangkap. ant

Ruangan komen telah ditutup.