Bulan Ramadhan Kiriman Pos Naik 20 Persen

Jambi, AP – Hingga pertengahan Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 volume kiriman surat dan paket di wilayah Kantor Pos Indonesia Cabang Jambi meningkat sebesar 20 persen dibandingkan pada bulan puasa tahun lalu.

“Ada peningkatan sekitar 20 persen pada Bulan Ramadhan kali ini, terutama paket,” kata Wakil Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Jambi Andi Bintang didampingi Manajer Marketing Hairiza di Jambi, Selasa.

Menurut dia, jumlah kiriman meningkat dari 18.050 unit kiriman pada pertegahan bulan puasa tahun 2017 menjadi 19.300-an unit kiriman pada Bulan Ramadhan 1439 H kali ini.

Peningkatan jumlah kiriman pada Bulan Ramadhan, selain karena rutinitas kenaikan trend kiriman pos, juga meningkatnya jumlah pelaku pemasaran online atau e-commerce yang melakukan pengiriman dari pesanan barang menggunakan jasa Pos Indonesia di wilayah Jambi.

“Ya selalu ada trend kenaikan kiriman pada setiap Ramadhan, namun fenomena kali ini juga didorong oleh peningkatan transaksi belanja online atau e-commerce oleh masyarakat Jambi, sehingga mereka mengirim dan menerima kiriman melalui jasa pos,” katannya.

Lebih lanjut Wakil Kepala Pos Indonesia Cabang Jambi itu menyebutkan, peningkatan kiriman paket dan surat itu juga ditandai dengan peningkatan jumlah armada Paket Pos ekstra dari Jakarta ke Jambi.

“Salah satunya, selama Ramadhan kali ini sudah ada tambahan tujuh armada extra kiriman paket dari Jakarta ke Jambi,” kata Andi.

Ia menyebutkan kiriman ekstra di tersebut dilakukan dengan menggunakan truk paket ukuran besar dari Jakarta ke jalur Sumatera. Selain mengangkut paket kiriman dalam negeri, juga mengangkut paket kiriman dari luar negeri.

Namun tidak semua paket menggunakan jalan darat, untuk beberapa layanan juga menggunakan angkutan paket udara yang diantar dan jemput melalui bandara yang juga mengalami peningkatan selama Bulan Ramadhan ini.

Khusus untuk paket ekstra, Pos Indonesia Jambi memberikan layanan “Same Day Delivery” yakni layanan antaran surat dan paket cepat dari Pos Indonesia. Bahkan untuk sejumlah kiriman, Pos Indonesia memberikan kejutan kepada penerima paket itu karena kiriman sampai lebih cepat dari jadwal biasa.

“Kita memberikan layanan ‘Same Day Delivery’, bahkan memberikan surprise atau kejutan kepada penerima paket karena kiriman bisa tiba lebih cepat dari jadwal biasa,” katanya.

Paket layanan tersebut sangat mendukung untuk para pelaku usaha kuliner atau makanan, karena dengan kecepatan layanan itu memungkinkan paket kiriman sampai ketujuan di bawah 24 jam. Ia mencontohkan layanan itu dimanfaatkan oleh pelaku usaha kuliner seperti untuk pengiriman pempek, kue-kue serta kuliner lainnya yang telah dilakukan pengemasan.

Khusus layanan Paket Extra, Pos Indonesia memberlakukan dua kali kiriman per hari yakni pagi dan sore hari. Untuk memberikan layanan kepada masyarakat, Pos Indonesia memberikan layana ‘pick up’ yakni menjemput paket yang akan dikirim ke rumah pengirim.

“Masyarakat tidak perlu sungkan mengontak Kantor Pos untuk meminta layanan ‘pick up’, kita juga sudah hadir di agen-agen Pos yang tersebar di Jambi ini,” kata Wakil Kepala Kantor Pos Cabang Jambi itu menambahkan. ant

Ruangan komen telah ditutup.