Wabup : Muarojambi “Kota Bercabang Tiga” Jalur Mudik

Sengeti, AP – Wakil Bupati (Wabup) Muarojambi, H. Bambang Bayu Suseno menyatakan wilayah kabupaten itu merupakan “kota bercabang tiga” jalur mudik dan balik lebaran 2018 karena mengakses ke tiga jalur utama lintas Sumatera sehingga akan menjadi kawasan cukup padat pada prosesi tahunan itu.

“Dengan kondisi daerah persimpangan cabang tiga tentunya jalur di Muarojambi cukup padat saat arus mudik nanti, baik lintas provinsi maupun lokal. Ini berpengaruh terhadap karakter dan situasi kamtibmas di daerah ini,” katanya, Rabu (06/06).

Posisi geografis Muarojambi sebagai “Kota Bercabang Tiga” karena menuju Utara jalur utama ke Riau dan Medan serta Nanggroe Aceh Darussalam, lintas tengah menuju Sumbar dan Bengkulu serta jalur Timur menuju ke Palembang dan Lampung.

Ia berharap pelaksanaan mudik dan balik lebaran 2018 berlangsung aman dan kondusif, tak hanya di Jambi namun di seluruh Indonesia.

“Saya mengharapkan semoga arus mudik dan balik tahun ini lancar dan kondusif,” ujarnya.

Ia meminta kepada aparat terkait yang terlibat dalam pengamanan jalur baik Polri, DLLAJ dan institusi pendukung lainnya agar dapat bekerja semaksimal mungkin.

Hendaknya pengalaman dan hasil evaluasi pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 dalam pengaturan arus lalu lintas menjadi hal yang bisa meningkatkan pengamanan tahun ini.

“Selain kesiagaan dari aparat, bagi masyarakat yang mudik lebaran juga agar selalu berhati-hati di perjalanan dan mempersiapkan perjalanan dengan baik,” jelasnya.

Untuk memantau pengamanan arus mudik dan balik lebaran, serta pengamanan lebaran 2018, Bambang Bayu menghadiri telekonpren yang digelar di Mapolda Jambi, Selasa.

Selain itu, juga hadir Bupati Batanghari, H Sahirsyah, Wabup Tanjung Jabung Barat, H Amir Syakib Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, BMKG serta lainnya. Perwakilan daerah perlintasan arus mudik juga hadir pada kegiatan itu.

Kegiatan telekonpren tersebut diikuti oleh Polda-Polda yang wilayahnya akan dilintasi oleh arus mudik dan balik lebaran, sekaligus juga untuk memastikan kesiapan pengamanan di seluruh daerah di Indonesia.

Bagi Kabupaten Muarojambi dan Polresnya sebagai daerah yang dilalui jalur arus mudik dan balik Lebaran kegiatan itu sangat penting.

Sejumlah Posko Pengamanan didirikan di titik-titik strategis dan rawan kecelakaan mulai di wilayah itu hingga perbatasan daerah. ant

Ruangan komen telah ditutup.