Ditunda Karena Verifikasi BKN

Ribuan Pendaftar Dinyatakan Lulus Administrasi

Merangin, AP – Lama dinantikan akhirnya hasil seleksi administrasi CPNS Merangin resmi diumumkan. Dipastikan ada 4.372 pelamar yang dinyatakan lulus administrasi. Kelulusan administrasi ini dikeluarkan berdasarkan hasil verifikasi ulang yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Diketahui rencananya pengumuman CPNS ini dilaksanakan pada Minggu (21/10). Hal itu sesuai dengan surat Pansel Instansi Nomor : 810/1052/PANSEL-CPNS/2018 tanggal 13 Oktober 2018. Dan juga Surat Pansel Instansi Nomor : 810/1092/PANSEL-CPNS/2018 tanggal 21 Oktober 2018. Surat yang perihal pengecekan ulang kesesuaian formasi Menpan dan Formasi yang di entri dalam SCCN terutama pendidikan dan jabatan. Maka, baru Selasa (23/10) pengumuman hasil seleksi dan verifikasi CPNS baru diumumkan.

Namun, ketika pasca pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Merangin mengirimkan seluruh berkas pelamar. Maka pihak BKN langsung melakukan verifikasi ulang. Verifikasi ulang ini ternyata menemui kendala lantaran adanya pencocokan atau penyesuaian formasi dari Menpan terhadap formasi yang dientri dalam SCCN.

“Penyesuaian formasi yang di entri terutama bidang pendidikan dan jabatan. Jadi verifikasi ulang itu memakan waktu, sehingga pengumuman CPNS baru bisa kita umumkan resmi sekarang (kemarin,red),” ungkap Kepala BKPSDM yang juga Sekretaris Pansel CPNS Merangin, Nasution melalui Kasubbid Perencanaan dan Informasi Kepegawaian, Agus.

Lantas bagaimana terkait adanya tudingan permainan dalam rektutmen CPNS Merangin yang disebut-sebut ada kong kalingkong? Menanggapi hal itu, Agus menyebutkan tidak ada unsur ataupun tindakan yang mengarah ke unsur kong kalingkong. Sebab penundaan tersebut terjadi bukan faktor dari Merangin, melainkan proses verifikasi ulang yang dilakukan pihak BKN. Sementara berkas yang masuk dari Merangin cukup banyak.

“Akibat adanya proses itu makanya pengumuman baru bisa dilaksanakan sekarang. Dan pengumuman ini juga berdasarkan hasil dari verifikasi pihak BKN. Kita hanya melanjutkan penyebaran data kelulusan administrasi saja,” pungkasnya. (din)

Ruangan komen telah ditutup.