1.799 Peserta Tes CPNS, Hanya 27 Peserta Yang Lulus

Muarasabak, AP – Dari 1.799 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hanya 27 pelamar saja yang dinyatakan lolos seleksi. Sementara sisanya sebanyak 1.772 pelamar dinyatakan tidak memenuhi point minimal passing grade. Namun belum dapat dipastikan gugur, karena masih menunggu pengumuman resmi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Yang pasti mengikuti tahapan selanjutnya sebanyak 27 pelamar, namun bukan berarti sisanya dinyatakan gugur,” kata Kepala BKPSDMD Tanjabtim, Hadi Firdaus saat ditemui diruang kerjanya, Senin (5/11) kemarin.

Selaku penyelenggara, BKPSDMD Kabupaten Tanjabtim hanya berhak memberikan hasil tes SKD kepada pihak BKN dan Panselnas. Sementara untuk kewenangan kelulusan atau siapa saja yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya merupakan kewenangan Panselnas. “Siapa saja yang lulus tes SKD, nanti diumumkan secara resmi oleh Panselnas jadi kita tunggu saja,” ujarnya.

Hadi juga menyebutkan, pada tes SKD berlangsung beberapa hari lalu di Kota Jambi, terdapat sebanyak 48 peserta CPNS yang tidak mengikuti tes SKD tanpa keterangan. Untuk peserta CPNS yang absen pada tes SKD ini, tentunya akan gugur dengan sendirinya karena tidak memiliki nilai sama sekali.

Diterangkannya, SKD sendiri sistem penilaiannya terbagi pada Tiga bagian, yakni Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) yang memiliki standard poin passing grade 75 point. Kemudian  Pengetahuan Intelegensia Umum (PIU) dengan standard poin passing grade 80 point dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan 143 point.

“Dari Tiga tes tersebut, TKP merupakan tes yang paling sulit dilalui peserta CPNS. Hal ini dibuktikan banyaknya para peserta CPNS yang memiliki point dibawah passing grade standard,” jelasnya.

Lebih lanjut Hadi Firdaus mengatakan, berapun jumlah peserta CPNS yang dinyatakan lulus tes SKD dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, berarti para peserta CPNS itulah yang memiliki kemampuan, untuk menjadi seorang abdi negara.

“Siapapun dan berapa pun jumlah yang dinyatakan lulus tes SKD nanti, berarti para peserta CPNS itulah yang memang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang abdi negara,” tukasnya.(fni)

Ruangan komen telah ditutup.