Pendaki Gunung Kerinci, Diwajibkan Turun Bawa Sampah

Kerinci, AP – Demi mengurangi sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci, para pendaki diharuskan membawa kantong plastik dan membawa sampah pada saat turun ke pos penjagaan.

Bahkan, jika pendaki yang saat turun tidak membawa sampah ke bawah Gunung, maka petugas akan menahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ditinggalkan di pos penjagaan.

Hendi salah seorang pencinta alam mengatakan, bahwa petugas TNKS Kerinci, saat ini telah memberlakukan jaminan KTP yang dititipkan di petugas saat akan melakukan pendakian ke Gunung Kerinci.

“Alhamdulillah, setelah kita melakuakan kegiatan pendakian bersama membersihkan sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci beberapa waktu lalu, direspon cepat dari Taman Nasional Kerinci Seblat mewajibkan pengunjung meninggalkan KTP sebagai jaminan,” ujarnya.

Tidak hanya meninggalkan KTP, pendaki juga harus membawa kantong plastik dan membawa kembali sampahnya dan sampah gunung 1 kg/orgnya. “Kalau tidak mampu atau tidak mau ya tidak usah naik gunung Kerinci,” ucapnya.

Sementara itu, Reno salah seorang anggota DPRD Kerinci yang ikut membersihkan sampah di jalur Pendakian Gunung Kerinci, mengatakan, bahwa dari hasil pembersihan sampah sebanyak 34 karung sampah dibawa turun ke bawah.

“Sampah hari I, 15 kantong dan II, 19 kantong total 34 karung yang berhasil diturunkan dari gunung Kerinci. Jadi saat ini masih ada ratusan kantong lagi yang belum diturunkan,” sebutnya.

Dia berharap dengan kehadiran pengunjung dilibur natal dan tahun baru ini yang biasanya menembus 2 ribu orang akan dan bisa mengurangi sampah di Gunung Kerinci. 2 ton sampah siap diturunkan oleh pengunjung di akhir tahun ini.

“Mari kita ingatkan dan awasi bersama SOP pendakian gunung Kerinci ini yang baru dikeluarkan oleh pihak Taman Nasinal Kerinci Seblat,” pungkasnya. (hen)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.