Serapan Anggaran Berbanding Terbalik Dengan Fisik

Martin: Serapan Anggaran Baru 55,5 Persen

Sungaipenuh, AP – Meskipun sudah memasuki Desember, namun serapan anggaran pada dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Sungaipenuh baru mencapai 55,5 persen, meskipun untuk realisasi fisik sudah mencapai 85 persen.

Hal ini diungkapkan Kepala dinas PU kota Sungaipenuh, Martin Kahpiasa, kepada wartawan kemarin. Meskipun demikian, pihaknya menargetkan Desember, serapan anggaran mencapai 95 persen.

“Banyaknya pihak ketiga yang masih mengurus administrasi untuk pencairan dana, karena banyak persyaratan yang harus dilengkapi, seperti pajak dan lainya,” ungkap Martin.

Pengakuan dia, serapan anggaran masih rendah dikarenakan pihak ketiga atau kontraktor cenderung mencairkan dana pada akhir masa kontrak, sehingga berdampak pada serapan anggaran.

“Biasanya pada bulan Desember akan terlihat pergerakan serapan anggaran karena pihak ketiga sudah banyak yang melakukan pencairan,” sebut dia.

Kondisi seperti ini sangat berpengaruh dengan serapan anggaran, dimana realisasi keuangannya rendah sedangkan realisasi fisiknya tinggi.

“Kedepan kita akan memperbaiki sistem agar realisasi keuangan dan hasil realisasi fisik di Dinas PU Kota Sungaipenhh bisa berimbang,” singkatnya. (hen)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.