Petrochina Salurkan Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Tanjabbar

Kualatungkal, AP – SKK Migas-PetroChina Internasional Jabung Ltd menyalurkan beasiswa kepada 120 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi, sebagai kontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

Penyerahan beasiswa yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjabbar itu merupakan salah satu bentuk program di bidang pendidikan melalui dana corporate social responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan/CSR), Rabu (05/12).

“Program ini diharapkan menjadi akses bagi penerimanya yang berprestasi untuk dapat digunakan selama kegiatan pendidikan di sekolah dan di kampusnya,” kata Comunity Development PetroChina Internasional Jabung Ltd, M Yudha Ramdani usai penyerahan beasiswa itu.

Dalam menyalurkan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa di Tanjabbar itu, pihaknya menggandeng Universitas Jambi dalam proses penyeleksian sehingga penerima lebih tepat sasaran.

Dari 120 pelajar dan mahasiswa yang menerima itu, diantaranya terbagi menjadi empat kategori, yakni untuk pelajar SMK sebanyak 23 siswa, dan mahasiswa strata I (S1) 65 mahasiswa, untuk beasiswa penelitian skripsi 31 mahasiswa serta mahasiswa S2 satu orang.

Adapun jumlah yang diterima untuk kategori pelajar SMK senilai Rp3 juta, mahasiswa S1 senilai Rp6 juta dan untuk mahasiswa yang sedang menempuh penelitian skripsi senilai Rp4 juta serta mahasiswa S2 senilai Rp15 juta.

“Beasiswa ini harus digunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan belajar, seperti untuk bayar kuliah, membeli buku dan lain sebagainnya. Jangan malah dibuat untuk beli pulsa,” katanya menjelaskan.

Selain itu bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang proses penelitian skripsi agar dapat menggunakan dana beasiswa itu untuk menunjang selama proses penelitian.

“Kami mengetahui bahwa untuk melaksanakan tugas akhir itu butuh biaya, sehingga kami berharap ini bisa digunakan sebaik-baiknya pada saat penelitian,” kata dia.

“Semua penerima beasiswa ini dapat menjaga prestasinya dan nantinya setelah selesai mampu berkontribusi terhadap pembangunan di daerahnya masing-masing,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjabbar, Ambo Tuo mengapresiasi atas program beasiswa yang diinisiasi oleh PetroChina yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam hulu migas di wilayah tersebut.

“Tentu kami mengapresiasi kepada PetroChina yang terus menunjukan kepeduliannya terhadap pendidikan di daerah kita ini,” kata Sekda.

 

Ke depan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tersebut, pihaknya mengupayakan agar perusahaan lain di Tanjabbar bersedia menduplikasikan program yang sama dalam menyalurkan beasiswa. ant

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.