Fachrori Ajak Masyarakat Cintai Produksi Dan Kreatifitas Anak Negeri

Bangko, AP – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi,Fachrori Umar, mengajak seluruh masyarakat Jambi untuk mencintai produksi dan kreatifitas dari anak negeri, khususnya yang berasal dari Provinsi Jambi.

“Bersama sama kita menggunakan dan mencintai produksi dan kreatifitas dari karya karya anak negeri sendiri, khususnya yang berasal dari Jambi,” ajak Fachrori saat membuka Merangin Expo dan Bazar 2018, di Pasar Rakyat Bangko Kabupaten Merangin, Sabtu (22/12) malam.

Fachrori mengungkapkan, dengan menggunakan dan mencintai produksi dari karya anak negeri, dapat memberikan manfaat ganda, yaitu meningkatkan lapangan pekerjaan, khususnya pada sektor informal, serta menggerakkan sektor industri kecil dan usaha kecil menengah di Provinsi Jambi.

“Kegiatan ini memiliki makna yang strategis dalam konteks pemberdayaan ekonomi kerakyatan, sehingga akan mendorong perekonomian pada bidang industri kecil, perdagangan dan jasa, terutama para pelaku usaha kecil menengah dan pelaku industri kecil menengah,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengemukakan, setiap pelaku usaha harus lebih berupaya dalam meningkatkan daya saing dan memperkuat pasar dengan melakukan promosi melalui pameran dan expo, yang didukung oleh Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah juga harus memberikan peluang dan kesempatan yang seluas luasnya kepada pelaku usaha agar memiliki daya saing yang tinggi.

“Saya juga menyambut baik atas pengembangan desa wisata dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui aktivitas wisatawan yang berkunjung ke desa. Saya mengharapkan perekonomian masyarakat desa terus meningkat melalui pengembangan desa wisata,” ujar Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori mengatakan, dengan membangun sektor pariwisata, dapat pula meningkatkan sektor lainnya. Contoh dari daerah yang kegiatan pariwisatanya sudah maju, maka turut meningkatkan usaha jasa transportasi, perhotelan dan restoran, perbankkan, usaha kerajinan tangan, usaha kuliner, serta dapat meningkatkan citra daerah wisata itu sendiri.

Bupati Merangin, Dr.H.Al Haris,S.Sos,MH menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan, serta karya dari masyarakat Merangin yang masih mencari pangsa pasar. Pemerintah Kabupaten Merangin terus berupaya dalam mempromosikan produk unggulan yang bernilai dan karya masyarakat yang kedepannya memiliki nilai tinggi serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Merangin.

“Kita mengharapkan, dengan adanya event event seperti ini, pertumbuhan perekonomian masyarakat akan semakin meningkat, serta pariwisata di Kabupaten Merangin juga akan lebih meningkat lagi,” tutur Al Haris.

“Kita semua mengetahui, bahwa pariwisata tidak dapat dipisahkan dari promosi dan produk produk unggulan, karena itu semua menjadi nilai tambah tersendiri dalam mempromosikan pariwisata serta budaya kearifan lokal yang kita miliki,” lanjut Al Haris.

Pada kesempatan tersebut, Fachrori juga menandatangani prasasti dalam rangka meresmikan 2 desa wisata, yaitu pertama adalah Desa Wisata Kawasan Mengkarang Purba, Bedeng Rejo Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin dan kedua adalah Desa Wisata Jernih Jaya Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci.

 

Selanjutnya, Ketua Badan Koordinasi Organisasi Wanita Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori secara langsung membuka pameran dengan melakukan pengguntingan pita.

Merangin Expo dan Bazar 2018 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 69 Kabupaten Merangin Tahun 2018 dibuka secara langsung oleh Plt Gubernur Jambi yang akan berlangsung selama 8 hari, dari tanggal 22 s/d 29 Desember 2018. hms

 

 

Ruangan komen telah ditutup.