KPU Matangkan Logistik Jelang Hari Pencoblosan

Kualatugkal, AP—Logistik Pemilu 2019 yang dikemas dalam kotak suara bersegel dipastikan akan sampai di PPK paling lama H-2 pencoblosan. Sehari sebelum pemilihan, seluruh logistik sudah sampai di TPS.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Tanjabbar Hairuddin S Sos kepada awak media saat menggelar Sosialisasi Tahapan Logistik Pemilu 2019 di Aula Kantor KPU Jalan Beringin, Minggu pekan lalu.

Seperti biasanya, setiap pergeseran logistik dari KPU ke PPK, PPS dan KPPS, mendapatkan pengawalan ekstra dari Kepolisian dibackup TNI dan instansi lainnya.

“Ya seperti biasanya, ada pengawalan ketat dari Polri hingga logistik sampai ke TPS,” kata Hairuddin.

Soal kekhawatiran kotak suara bakal rusak terkena air, terutama saat pengiriman ke TPS yang melewati jalur sungai, Hairuddin menegaskan pihaknya  sudah melakukan antisipasi.

Kata dia, kotak suara yang terbuat dari kardus anti air, atau dikenal bahan dupleks ini, akan dibungkus lagi dengan plastik besar. Begitu juga dengan logistik yang dimasukkan dalam kotak suara, akan ditutup rapat dan dibungkus dalam kantong plastik.

“Ya mudahan lancar, dan tidak ada halangan saat pengiriman logistik ke daerah-daerah yang menembus jalur laut dan sungai,” ujar Hairuddin.

Berikut ini bermacam-macam logistik yang akan didistribusikan ke TPS, yakni surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, segel, sampul anak kunci, formulir, striker kotak suara, alat bantu tuna netra, hologram, daftar calon pasangan, DCT, daftar pemilih, bantalan, alat coblos, tali pengikat alat coblos, gembok dan anak kunci, ball poin,spidol besar dan kecil dan buku panduan. (It)

 

Ruangan komen telah ditutup.