Dua Tanaman Kerinci, Diajukan Mendapatkan Sertifikat IG

KERINCI, AP – Setelah Kayu manis (Casiavera) dan Kopi Arabika Kerinci, mendapat sertifikat indikasi geografis (IG) dari Pemerintah Pusat. Saat ini Pemerintah Kabupaten Kerinci, melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura kembali mendaftarkan beberapa tanaman Holtikultura untuk mendapat IG.

Adalah Bawang Putih dan Cabe Merah Batang Itam.  Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura juga tengah melakukan uji adaptasi dan uji loyalitas terhadap bawang putih lokal yang varietasnya telah diberi nama Jangkiriyah Adro dan Cabe merah Batang hitam atau ahang adro yang sebelumnya dilepas secara nasional.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci, Radium Halis, kemarin. Menurut dia, saat ini pihaknya telah mendaftarkan ke Kementerian untuk bisa mendapatkan sertifikat IG pada 2019 ini. Dia juga mengaku kalau kedua jenis tanaman tersebut, akan dikembangkan melalui program Dinas TPH untuk ajang adaptasi.

“Kita akan terus melakukan pengembangan sejumlah produk pertanian yang ada di Kerinci, supaya bisa membantu para petani yang ada di kerinci,” sebut Radium Halis.

Lebih jauh dia, Radium  Bawang putih dan cabe merah hitam lokal telah diuji penanamannya di sejumlah Kecamatan di Kerinci. Diantaranya, Kecamatan Gunung Kerinci, Kayu Aro, Siulak, Bukit Kerman dan Gunung Raya.

Radium halis, berharap kedua tanaman ini bisa mendapat sertifikat IG, sehingga bisa mendongkrak nilai jual, sebagaimana Kayu manis dan Kopi Arabika Kerinci.

“Kita berharap kedua tanaman ini bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat IG dari Pemerintah pusat, agar bisa mendongkrak nilai jual yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk keperluan memasak sehari-hari”, harapannya.(hen)

 

Ruangan komen telah ditutup.