Kedisiplinan ASN Tanjabtim Masih Longgar

Muarasabak, AP – Geram dengan ulah para ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung  Timur (Tanjabtim) banyak yang tidak masuk kantor membuat Asisten II, III bersama pihak Pol PP, Inspektorat, BKPSDMD serta Kabag Humas melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah OPD.

Saat dilakukan Sidak, terdapat dibeberapa kantor ada ASN yang tidak masuk kantor tanpa keterangan atau tanpa aturan yang telah ditentukan. Hal ini tentunya, kalau kedisiplinan para ASN Tanjabtim masih longgar. Ketidakhadiran para ASN ini mungkin, dikarenakan mereka tahu kalau Bupati sedang melaksanakan ibadah umroh dan Wakil Bupati sedang dinas luar, Kamis (10/01) kemarin.

Agus Sadikin, selaku Asisten II di Pemkab Tanjabtim ketika dikonfirmasi mengakui kebenaran tersebut. Menurutnya, selama ini jika pimpinan tidak berada di tempat sejumlah ASN sengaja memanfaatkan untuk tidak masuk kantor tanpa alasan yang jelas. “Inilah alasan kita melakukan Sidak pada hari ini,” ujarnya.

Dikatakannya, mungkin sejumlah ASN beranggapan, jika pimpinan tidak berada ditempat para ASN bisa bersantai dan tidak harus berada di kantor. Jika dianggap seperti itu, tentunya para ASN salah besar. “Memang pimpinan tidak ada, tapi kan yang mewakili ada. Kami selalu yang diberi amanah akan bertindak,” jelasnya.

Dengan Sidak ini, harapannya para ASN lebih patuh dan lebih dapat meningkatkan disiplin meski pimpinan tidak berada di tempat.

“Semua ada penggantinya, jika Bupati tidak ada Wakil bupati ada. Sekda tidak ada wakil nya ada. Jadi jangan di anggap pemerintahan ini kosong,” tegasnya.

Terkait ketidak kepatuhan dan disiplin tentunya akan menjadi bahan evaluasi tersendiri. Bahkan sanksi pun akan di terapkan oleh OPD terkait, seperti BKSDMD dan inspektorat. “Ini nanti akan ditindaklanjuti oleh OPD terkait, sanksi jelas menunggu para ASN,” tandasnya.

Sekedar untuk di ketahui, kalau sasaran Sidak yang dilakukan kali ini difokuskan di sejumlah OPD yaitu, Dinas Perkim, Dinas Perhubungan dan Dinas BPKB. (fni)

Ruangan komen telah ditutup.