Kopi Arabika Kerinci, Rambah Pasar Dunia

P- Perdana, 5 Ton Kopi Kerinci Masuk Amerika

Kerinci, AP – Pasca mengantongi Sertifikat Indikasi Geografis (IG), saat ini Kopi Arabika Kerinci, mulai merambah pasar dunia. Selain itu, permintaan terus berdatangan dari berbagai negara. Bahkan, belum lama ini, pasar Amerika Serikat telah menerima 5 ton kopi arabika Kerinci, untuk pengiriman perdana.

Hal ini diungkapkan Plt Gubernur Jambi, melalui Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, belum lama ini di Kerinci. Menurutnya, dengan banyaknya permintaan luar dan diterimanya Kopi Arabika Kerinci di Amerika, artinya kopi Kerinci diterima dipasar dunia.

“Amerika sudah bisa menerima kopi arabika Kerinci, kita sudah mengirimkan kurang lebih 5 Ton ke Amerika,” sebut M Dianto, saat menghadiri syukuran Laksamana Pertama Dr. Nazali Lempo, di desa Lempur, kecamatan Gunung Raya, minggu lalu.

Kedepan dirinya berharap, dukungan penuh semua elemen, sehingga Kopi Kerinci, bisa berkembang lebih maju lagi. “ya, kedepan kita berharap dukungan, terutama pemikiran, sehingga Kopi Kerinci lebih diminati Dunia dan lebih berkembang,” harapannya.

  1. Dianto juga menuturkan, salah satu dukungan pemerintah provinsi untuk kemajuan Kopi Kerinci, pada Oktober mendatang, Pemerintah Provinsi Jambi akan menyelenggarakan Festival kopi Internasional, di Kabupaten Kerinci.

“Pada rapat banggar bersama dengan anggota DPRD Provinsi Jambi, menetapkan untuk Festival Kopi Internasional akan dilaksanakan di Kabupaten Kerinci,” sebutnya.

Lanjut dia, pada acara festival kopi Internasional ini, para penikmat kopi akan diajak melihat kebun kopi yang ada di Kerinci. “Biar mereka melihat kebun kopi dan pengolahan kopi di Kerinci ini sudah baik, ini bisa menjadi keuntungan petani kopi di Kerinci,” bebernya.

Untuk suksesnya kegiatan ini, sebut dia, tidak terlepas dukungan semua pihak, terutama tokoh masyarakat Kerinci, baik didalam maupun diluar kabupaten Kerinci.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal belum lama ini, menyebutkan, sebagai masyarakat Kerinci patut bersyukur. Pasalnya, Kopi Arabica Kerinci sudah mendunia.

Penuturan Adirozal, Kopi Arabica Kerinci yang ditanam pada ketinggian 1.500 mdpl, dengan tanah vulkanik yang subur, membuat Biji Kopi Kerinci lebih padat dan mempunyai cita rasa yang tinggi. Dia juga menuturkan, Kopi Kerinci telah dinobatkan terbaik Se Indonesia, pada Festival Kopi di Jakarta tahun 2017 lalu.

“Dengan mengantongi Sertifikat IG, daerah dan perusahaan lain, tidak bisa mengklaim sebagai merk dagang mereka,” tegas Adirozal.

 

Bukan hanya tingkat Nasional, lanjut Adirozal, kopi kerinci juga menjadi wakil Indonesia di Festival Kopi Internasional tahun 2019 yang akan diadakan di Wina, Austria.(hen)

Ruangan komen telah ditutup.