1.886 Siswa SMP dan MTsN di Kota Sungaipenuh, Bakal Ikut UNBK

Sungaipenuh, AP – Sebanyak 1.886 siswa tingkat SMP dan MTsN di kota Sungaipenuh, bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

Hal ini diungkapkan kepala Dinas Pendidikan kota Sungaipenuh, melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar  Dinas Pendidikan Kota Sungaipenuh, Roli Darsa, kemarin.

Menurut dia, 14 SMP Negeri yang ada di Kota Sungaipenuh semua akan mengikuti UNBK pada tahun ini. “ada 14 SMP yang ada di Kota Sungaipenuh, yang akan mengelar UNBK,” sebutnya.

Penuturan Roli, jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK SMP sebanyak 1.408 orang, dengan rincian, siswa laki-laki sebanyak 695 orang dan siswa perempuan 713 orang.

“Jika digabung dengan siswa madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri total yang ikut UNBK menjadi 1.886 orang,” ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan, ungkapnya, pihaknya terus melakukan persiapan. Pengakuannya, sebagian besar SMP di Kota Sungaipenuh telah melaksanakan beberapa kali simulasi UNBK.

“Pamantapan persiapan UNBK juga telah dilakukan, Simulasinya juga berjakan lancar,” katanya.

Disamping Simulasi, untuk kelancaran kegiatan,  Dinas Pendidikan Kota Sungaipenuh juga akan mengadakan sosialisasi mekanisme pelaksanaan UNBK, dengan  melibatkan pihak PLN, Telkom dan orang tua siswa.

Tidak berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu, Dinas Pendidikan kota Sungaipenuh akan berkoordinasi dengan pihak PLN dan Telkom untuk memprioritaskan pelayanan terhadap SMP yang melaksanakan UNBK. Sehingga pelaksanaan UNBK dapat berjalan lancar tanpa gangguan.

“Pihak PLN dan Telkom nanti kita surati. Karena untuk UNBK kita memang harus berkerja sama dengan PLN dan Telkom,” jelasnya.

Berkaiatan dengan sarana dan prasarana, ungkap dia, masih ada satu sekolah yang kekurangan Komputer, sehingga harus menumpang disekolah lain.

“Yang kekurangan Komputer SMPN 13 karena masih baru, sementara menumpang di SMPN 6”, tandasnta. (hen)

Ruangan komen telah ditutup.