Sekda Kroscek Penyebab Genangan Air Jalan Dalam Kota

Kualatungkal, AP—Dua hari diguyur hujan, genangan air di sejumlah titik tak kunjung surut. Hal ini disebabkan tersumbatnya saluran air di sejumlah titik di jalan protokol.

Tak tinggak diam, Sekda Tanjabbar Ambik didampingi Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupten Tanjungjabung Barat Andi Nuzul, Kadis BNPB H Kosasih dan Kepala DLHD Suparjo SE meninjau sejumlah titik genangan air yang terjadi di Kota Kualatungkal, Kamis (28/2/).

Sekda langsung menginstruksikan dinas terkait, diantaranya Dinas PUPR, BNPB dan DLHD untuk melakukan langkah cepat guna mengatasi genangan yang terjadi, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan.

Peninjauan dilakukan Sekda sekitar pukul 10.00 WIB tepatnya di kawasan Jalan panglima Cama dan Jalan kalimantan. Jalan itu tergenang air akibat hujan deras yang turun sejak Selasa malam.

Selain itu, drainase menjadi fokus perhatian Sekda dalam peninjauan tersebut. Ternyata perkiraan sekda tidak meleset, sebab lubang inlet di kedua jalan itu banyak yang tertutup. Akibatnya air hujan tidak dapat mengalir menuju drainase sehingga tertahan dan lama kelamaan menggenangi jalan.

Kondisi itu juga diperparah dengan drainase yang ada, selain tersumbat sampah, juga mengalami penyumbatan. Alhasil drainase tak dapat berfungsi untuk menampung debit air hujan yang tinggi.

“Jika lubat inlet tidak tersumbat dan drainase tidak mengalami sendimentasi, Insya Allah genangan air tak terjadi,” kata sekda.

Sekda pun langsung memerintahkan Kadis PU agar segera menurunkankan peralatan beserta petugasnya untuk mengatasi lubang inlet tersumbat maupun drainase yang mengalami sendimentasi tersebut.

Kadis DLHD Suparjo SE saat mendampingi sekda menyampaikan pihaknya akan terus berupaya agar tidak terjadi banjir seperti ini dengan membersihkan sumbatan yang ada.

Ia juga mengharapkan peran masyarakat untuk membiasakan membersihkan lingkungan sekitar.(Her)

 

Ruangan komen telah ditutup.