38 Peserta di Tanjabbar Lulus PPPK

Kualatungkal, AP – Kabupaten Tanjung Jabung Barat, menjadi satu-satunya kabupaten yang melakukan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Provinsi Jambi.

Pasca seleksi pada awal Maret lalu, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengumumkan 38 peserta yang lulus.

Kepala BKPSDM Tanjung Jabung Barat, Encep Jarkasih mengatakan 38 orang ini merupakan peserta yang lulus seleksi CAT. Setelah diumumkan, saat ini pihaknya tengah mengusulkan nama-nama peserta yang lulus guna penempatan instansi.

“Penempatan 38 orang yang lulus ini, terdiri dari sembilan orang penyuluh pertanian dan 29 orang tenaga guru,” katanya.

Encep juga mengatakan, 38 orang ini dinyatakan lulus setelah mengikuti seleksi ketat. Baik seleksi kompetensi maupun wawancara. Kebanyakan peserta yang mengikuti seleksi tersebut jatuh atau tidak lulus di bidang kompetensi teknis. Sementara untuk hasil yang dengan passing grade tertinggi secara keseluruhan dari penyuluh pertanian.

“Nilai mereka (penyuluh pertanian-red) tertinggi secara keseluruhan, kompetensi teknis 102 tertinggi, dan paling rendah 68. Sementara untuk passing grade yang tertinggi di formasi guru dengan poin 66,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada seleksi PPPK beberapa waktu lalu, diikuti oleh 85 orang. Akan tetapi empat orang tidak menyerahkan berkas serta ada beberapa orang yang yang tidak memenuhi syarat. Sehingga yang mengikuti seleksi hanya 72 orang yang dinyatakan lulus berkas.

Sedangkan untuk usulan yang dilakukan BKPSDM sebanyak 130 formasi PPPK. Namun yang disetujui hanya 38 orang saja. Sementara mereka yang mengikuti seleksi merupakan eks honorer K2 dengan pendidikan terakhir sarjana atau S1. (bjg)

Ruangan komen telah ditutup.