30 Persen Kades Di Kerinci, Di Jabat PJs

P- Direncanakan Juni Pilkades Serentak

KERINCI, AP – Terhitung dari 2017-2018 Ratusan jabatan Kepala Desa yang telah habis masa Jabatannya di kabupaten Kerinci dan telah ditunjuk Pejabat Sementara (PJs) untuk melaksanakan tugas pemerintahan.

Hal tersebut, untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa dan menyelenggarkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci, Hasferi Akmal, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa, untuk tahapan pelaksnaan Pilkades akan dilaksanakan pada Juni mendatang.

“Kami mengfokuskan bahwa pertengahan tahun ini akan dilaksanakan Pilkades, kita jadwalkan juni sudah mulai tahapannya kemungkinan juli sudah dimulai dilaksanakan karena harus disosialisasikan dulu dengan masyarakat,” jelasnya.

Dia menyebutkan saat ini, untuk Desa yang telah habis masa jabatannya dan telah ditunjuk Pejabat Sementara (Pjs) hingga 21 Maret lalu, sebanyak 104 desa di kabupaten Kerinci. “Dari sebanyak 104 desa tersebut ada sebanyak 24 yang belum di lantik, karena menunggu SK,” katanya.

Data 104 Desa yang habis masa jabatannya tersebut, lanjutnya, merupakan data dari tahun 2017 dan 2018 karena hampir 30 persen di kabupaten Kerinci dijabat Pjs Kades. “Karena kita sudah 2 tahun tidak pernah dilaksanakan pemilihan Kepala Desa, Data ini berkembang, ada desa yang dijabat pegawai kantor camat, itu akan diusulkan kembali pjs,” ujarnya.

Penuturanya, untuk Proses seleksi Pjs Kades, diusulkan BPD bersama dengan tokoh masyarakat, minimal 2 orang maksimal 5 orang, diketahui camat. “Ada juga beberapa desa ditambah masa jabatan Pjsnya diusulkan BPD dan tokoh masyarakat sehingga Camat mengusulkan kembali kepada Bupati”, pungkasnya. (hen)

Ruangan komen telah ditutup.