Jelang Ramadhan, Sejumlah Sembako Mulai Merangkak Naik

Kerinci, AP – Meskipun bulan Suci Ramadhan tinggal satu bulan, namun sejumlah harga sembako dan sayuran di sejumlah pasar tradisional di Kerinci,  mulai merangkak naik.

Kenaikannya juga cukup Signifikan, berkisar antara 30 hingga 50 persen. Diantaranya, Cabe merah, Tomat, Bawang Merah dan Bawang Putih, serta Daging. Meskipun, terjadi kenaikan, namun pedagang disejumlah pasar tradisional tidak mengetahui penyebab kenaikannya.

Seperti diungkapkan Viky, salah seorang pedagang di pasar tradisional Hiang, kecamatan Sitinjau laut, kemarin. Menurut dia, naiknya harga dipasar, tidak terlepas dari harga jual ditingkat bawah.

“kenaikan ini bukan hanya semata-mata dari kita,  kita juga beli dari Petani di Kayu aro, ya tentu kita jual diatas harga pembelian,” ungkap dia.

Pengakuan Viky, dengan naiknya harga beberapa kebutuhan rumah tangga dipasar, satu pekan terakhir, berimbas pada berkurangnya pendapatan. “ya, tentu berimbas pada omset penjualan, dan tidak seperti hari-hari sebelum,” katanya.

Meskupun tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan, namun Viky, mengakui kondisi ini sudah menjadi hukum pasar. “ya, bisa jadi menjelang Ramadhan, dikarenakan jumlah permintaan yang ikut melonjak, sehingga harga pun naik, kondisi ini hampir setiap tahun, terutama menjelang Ramadhan dan Idul Fitri,” bebernya.

Naiknya sejumlah harga Sembako ini, juga berdampak bagi ibu-ibu rumah tangga. “Harus pintar-pintar ngatur uang belanja, kalau tidak ya tanggung bulan jadianya,” sebut.Juliana, salah seorang ibu Rumah tangga.

Selain hal diatas, dirinya juga meminta kepada pemerintah untuk melalukan operasi pasar, sehingga harga tetap stabil. “ya, kita mau bagaimana lagi, palingan minta pemerintah turun tangan, kalau memang ada oknum yang bermain, ya tindak saja,” harapannya.

Pantauan disalahbsatu pasar Tradisional Hiang, Kecamatan Sitinjau Laut, pada Kamis (04/04), harga Cabe merah dari harga biasanya hanya Rp 18.000 Per kilogram, naik menjadi Rp 25.000 Per kilogram, Daging Ayam, biasa Rp Rp 30.000 Per Kilogram, naik menjadi Rp 35.000 perkilo.

Begitu juga harga sayuran, diantaranya Buncis sebelumnya Rp 10.000, naik menjadi Rp 15.000, Wortel sebelumnya hanya Rp 8.000, naik menjadi Rp 10.000 hingga Rp 12.000 Per Kilogram. Bawang Merah Rp 27.000 Per Kilogram, naik menjadi Rp 30.000 hingga Rp 35.000 Per Kilogram. (hen)

 

 

Ruangan komen telah ditutup.