Optimalsiasi Kependudukan, Dukcapil Turun ke Desa

Kualatungkal, AP – Demi mengoptimalkan kepemilikan dokumen kependudukan, terutama akta kelahiran, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan pelayanan di desa-desa .

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan Pelayanan langsung, kali ini Dukcapil turun ke Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam, Senin (08/04) lalu. Pelayanan dilakukan di Kantor Desa Rawa Medang.

Pelayanan ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah untuk berurusan di banyak kegiatan antara lain, untuk kebutuhan memasuki dunia pendidikan, keperluan haji dan umroh berupa penerbitan pasport.

“Pelayanan ini secara rutin dilakukan pada setiap minggu di dua atau tiga desa, agar masyarakat terhindar dari biaya tinggi apabila yang bersangkutan harus mengurus ke ibukota / kabupaten,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Tanjabbar, H. Azwar.

Kepala Desa Rawa Medang Ii Saprai mengungkapkan, pelayanan ini sangat berguna bagi masyarakat dan diharapkan dilaksanakan secara rutin.

“Sangat bagus dengan pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil, harapannya bisa dilakukan rutin tiap 6 bulan sekali, biar masyarakat bisa mempersiapkan segala sesuatunya, ” ujar Kades.

Salah satu warga yang hadir sangat berterimakasih atas pelayanan yang diberikan dinas dukcapil. Warga berharap kegiatan ini rutin dilakukan.

Dengan pelayanan ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam hal kepengurusan administrasi, kemudian masyarakat yang akan membuat pasport untuk kepentingan keluar negeri, baik untuk haji atau umroh, bekerja diluar negeri, atau melanjutkan diluar negeri tidak mengalami hambatan dari kepemilikan KTP. (hm)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.