Pemkab Tanjabtim Upacara Gabungan di Hari Kesaktian Pancasila

Muarasabak, AP – Sabtu (1/6) lalu, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) melakukan upacara gabungan di peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Pada waktu itu, Dandim 0419 Tanjab Letkol Inf. Arry Yudistira menjadi inspektur upacara yang dilaksanakan di yang di Lapangan Kantor Bupati Tanjabtim.

Dan dalam pantauan aksipost, Sekda Tanjabtim Sapril mewakili Pemerintah Kabupaten tampak ikut dalam barisan forkompinda. Sementara itu, para ASN dan tenaga honorer serta para Ormas yang hadir, ikut pada barisan yang telah ditentukan, yakni menghadap kearah kantor Bupati Tanjabtim.

Dalam amanah Dandim mengatakan, Pancasila mampu menyatukan semua warga Negara sebagai satu Bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan Nusantara,”ungkapnya.

Dandim melanjutkan, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, berkat pancasila yang berlandaskan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Dan keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

“Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Dandim berkeyakinan, jiwa Nasionalisme anak muda Indonesia tetap baik dan akan tampil menjadi yang terdepan. Namun untuk memeliharanya serta menjaganya konsistensi TNI, POLRI, FKUB dan Pemda Tanjabtim.

“Kita akan melakukan kegiatan yang bersifat positif seperti sosialisai wawasan kebangsaan dan wawasaan nusantara dalam membela Negara,”tambahnya.

Untuk diketahui, setelah upacara selesai, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur langsung memberikan sembako kepada para honorer yang hadir. (fni/adv)

Ruangan komen telah ditutup.