Pasca Cuti Lebaran Pemkot Jambi Sidak ASN Melalui E-Absen

Jambi, AP — Inspeksi mendadak (Sidak) Walikota Jambi Syarif Fasha pasca cuti lebaran terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajaran Pemkot Jambi tahun 2019 ini ada yang berbeda pada tahun sebelumnya, Senin (10/6/2019).

Jika tahun sebelumnya biasanya selalu mengunjungi setiap intansi atau OPD dijajarannya, namun saat ini pada hari pertama kerja ASN sidak dilakukan melalui koneksi teknologi dan informasi (IT) yang dikembangkan melalui JCOC.

 

Di ruangan JCOC atau Jambi City Operation Center yang berada digedung Kantor Walikota Sy Fasha didampingi Wawako dr Maulana dan sejumlah pejabat utama memantau satu persatu absensi setiap intansi atau OPD dijajaran Pemerintah Kota Jambi secara online melalui sambungan video confrence.

 

Alhasil, masih banyak didapati para ASN yang telambat ngantor dan absen tanpa keterangan pada hari pertama kerja. Berbagai alasan juga diberikan oleh kepala dinas OPD saat ditanya oleh Walikota ketidak hadirnya para ASN.

 

“Sengaja kita lakukan sidak e-absen karena yang sudah-sudah kami melaksanakan setiap tahun absen konvensionalnya ternyata ada juga ASN yang menitipkan absenya,” Kata Fasha.

 

Dilakukannya sidak e-absen kata Fasha, menunjukan bahwa Kota Jambi konsisten menerapkan sistem pemerintahan berbasis teknologi dan informasi (IT). Selain itu, e-absen juga dianggap efektif untuk memastikan kehadirian para ASN.

 

“Sidak melalui e-absen ini berarti kami menghemat, tidak perlu lagi kami ramai-ramai mengecek dan kami juga menyapa pejabat disana serta pelayanan publiknya,” terang Fasha.

 

Pada kesempatan itu, Fasha juga berkesempatan menyapa warga dipelayanan publik, seperti di Dispenda dan di Rumah Sakit Abdul Manaf melalui sambungan video confrencenya dan menanyakan langsung terhadap pelayanan disana.

 

Selain itu ditegaskannya, mengingat saat ini masih momentum lebaran agar setiap OPD dan ASN untuk tidak melakukan halal bi halal pada saat jam kerja.(bdh)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.