Pasca Banjir Bandang, Puluhan TNI Goro Bersama Masyarakat Kumun

Foto: Tetlihat TNI Goro Bersama Masyarakat Bersihkan Eks Material Banjir

SUNGAIPENUH,AKSIPOST.COM – Jum’at (14/6) puluhan anggota TNI dari Koramil Sungaipenuh dan Makodim 0417 Kerinci, bergotong royong (Goro), bersama masyarakat Kumun debai.

Goro dilaksanakan Pasca Banjir Bandang yang terjadi minggu malam (9/6) lalu, membersihkan halaman dan lingkungan sekitar Masjid Jamik, yang berlokasi di desa Kumun mudik, kecamatan Kumun debai.

Dandim Kerinci, melalui Danramil Sungaipenuh, Kapt. Yatrizal, dilokasi Goro menyebutkan, kegiatan Goro bersama masyarakat ini merupakan salah satu Program kerja Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), khususnya Kodim 0417 Kerinci.

“yang ikut Goro, ada 20 personil anggota dari Koramil Sungaipenuh, ditambah dari Kodim,” ungkap Kapt.Yatrizal.

Kegiatan ini, sebut dia, selain intruksi dari komandan Kodim 0417 Kerinci, ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat, terutama masyarakat yang terkena benacana.

“kita berharap, dengan adanya kejadian banjir ini, semua kita bisa memetik hikmahnya, sehingga kita tetap menjaga alam dan lingkungan,” harapannya.

Dia juga mengakui semangat gotong royong dan kekompakan masyarakat Kumun terhadap bencana yang terjadi. “semoga kekompakan ini terus terjaga,” cetusnya.

Salah seorang warga masyarakat Kumun, Rudi mengakui, kepekaan dan Pertisipasi TNI terhadap bencana banjir di Kumun. “tidak hanya hari ini, sebelumnya banyak anggota TNI dari Kodim yang ikut Goro, disamping dari Dinas dan SKPD terkait,” sebut Rudi.

Untuk diketahui, pasca banjir bandang yang terjadi, tidak sedikit material lumpur tebal di badan jalan, bahkan area pemukiman warga dan masjid.

Sebelumnya, pihak PU telah menurunkan Dua unit alat berat untuk membersihkan sampah dan mengeruk Sungai. Selain itu juga diturunkan beberapa unit truk untuk mengangkut material lumpur yang masih menumpuk di jalan. Sementara lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa lumpur, termasuk didalam Masjid.

“alkhamdilillah, sudah beberapa hari ini, kegiatan ibadah di Masjid Jamik, sudah berjalan sebagaimana biasanya, termasuk salat Jum’at hari ini,” ungkap salah seorang pengurus Masjid. (hen)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.