Bupati Tanjabtim Sampaikan Jawaban Eksekutif

Terhadap pandangan umum fraksi DPRD atas Nota pengantar rangcangan KUA dan PPAS /// Judul kecil

Muarasabak,AP – Dalam sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) terhadap pandangan umum fraksi fraksi DPRD atas Nota pengantar rangcangan KUA dan PPAS tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan pada hari rabu (10/7) kemarin, Bupati Tanjabtim H Romi Hariyanto menyampaikan jawaban dari pihak Eksekutif yang di sampaikan oleh Sekda Sapril.

Ia mengucapkan, rasa terima kasih atas apresiasi dan masukan dari seluruh fraksi DPRD Tanjabtim atas rancangan KUA dan PPAS tahun 2010 serta permintaan untuk melengkapi dokumen pendukung agar proses pembahasan dapat berjalan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Selanjutnya, melalui perangkat daerah terkait, telah diintruksikan untuk melengkapi dokumen yang dimaksud sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam perundang undangan yang berlaku.

“Saya juga intruksikan kepada perangkat daerah agar dapat berperan akatif dalam pembahasan,” ucap Bupati Romi Hariyanto yang diwakili oleh Sekda Sapril.

Kemudian Atas pernyataan dari fraksi PDI Perjuangan, terkait langkah strategis yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka meningkat pertumbuhan ekonomi terhadap berapa target perekonomian dan jumlah tenaga kerja yang akan diserap dibeberapa sektor pada tahun 2020 mendatang, maka ia menjelaskan, bahwa hal tersebut tetap mengacu pada kepada Visi dan Misi Daerah yang telah ditetapkan kebijakan pembangunan yang menjadi agenda prioritas, diantaranya membangun pusat pusat pertumbuhan ekonomi terpadu dan terintegrasi dalam mendukung daerah sebagai pintu gerbang perekonomian provinsi serta pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan bebasis sektor unggulan wilayah. “Dan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 mendatang, kami targetkan sebesar 3,5 persen dengan pertumbuhan tingkat partisipasi angkatan kerja pada tahun 2020 sebesar 1,5 persen,” jelasnya.

Sedangkan untuk target meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2020,” Dapat kami sampaikan melalui berbagai program sinergi baik bidang pendidikan maupun bidang kesehatan yang dilaksanakan, kami juga menargetkan beberapa indikator capaian antara lain, Indek pembangunan manusia sebesar 63,62, angka harapan hidup sebesar 65,65 serta persentase saran prasarana pelayanan kesehatan sebesar 97,5 persen,” urainya.

Ia juga menjawab atas pernyataan dari fraksi PDI Perjuangan, terkait berapa target volume yang dicapai tahun 2020  terhadap program pembangunan dan pemiliharaan jalan dan jembatan, jaringan irigasi, penyedian alat berat untuk PU, jalan lingkungan, sarana prasarana air bersih. “Pada tahun 2020 kami targetkan persentase jalan dalam kondisi  mantap sebesar 82,68 persen, jembatan kondisi baik 36,45 persen, persentase jaringan dal;am kondiosi baik sebesar 77,45 persen, penyedian alat berat sebanyak 3 (tiga) unit, persentase jalan lingkungan kondisi baik sebesar 40,59 persen serta penyedian layanan air bersih sevesar 28,65 persen,” jawabnya.

Kemudian, ia juga menjawab dari pernyataan dari fraksi Partai Bulan Bintang dan dari fraksi Karya Demokrasi Nasional. “Sebelum mengakhiri jawaban eksekutif ini, terlebih dahulu kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setingi tingginya kepada seluruh fraksi DPRD Tanjabtim yang telah sepakat untuk membahas rancangan KUA dan PPAS tahun 2020 pada tingkat selanjutnya,” tutupnya. (fni/adv)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.