Banjir dan Longsor Terjang Sungaipenuh

P- Tiga Rumah Diterjang Longsor, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Sungaipenuh, AP – Akibat hujan deras disertai Angin, Rabu malam (18/04) lalu,  tiga Rumah di Sungaipenuh rusak, bahkan dua diantaranya, rata dengan tanah.

Diantaranya, Rumah milik Retnawati warga Sungai Ning, yang dindingnya jebol akibat terjangan longsor. “Ya, rumah milik buk Retna Wati jebol akibat terjangan longsor,” ungkap miko, salah seorang warga Sungai Ning.

Tidak hanya di sungai Ning saja, dua rumah warga Koto Renah Kecamatan Pesisir Bukit, malah rata dengan tanah diterjang longsor.

Abyan Farel salah satu anggota TRC Kota Sungaipenuh membenarkan adanya dua unit rumah warga di Koto Renah yang ambruk. “Iya rumah warga yang berada di belakang TK Pembina, saat ini kita masih di TKP,” sebutnya.

Sementara itu, Ilham warga setempat mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, cuma dua rumah warga Koto Renah yang ambruk. “Pemilik rumah berhasil lari,” singkatnya.

Selain kerusakan tiga rumah warga, ratusan rumah dan fasilitas umum juga terendam banjir sejak pukul 18.30 wib hingga Rabu malam (18/4). Bahkan sejumlah warga terpaksa mengungsi, lantaran banjir memasuki permukiman warga hingga ketinggian mencapai pinggamg orang dewasa.

Selain iti, banjir terparah terjadi di Desa Palayang raya, Kecamatan Sungai Bungkal, banjir mengakibatkan rumah terendam banjir.

“Banjir setinggi pinggang orang dewasa, perabotan rumah, seperti TV, Laptop dan sebagainya rusak karena terendam banjir,” sebut Lisa.

Fasilitas umum juga mengalami kerusakan akibat hujan deras yang mengguyur Kota sungai Penuh, Tembok penahan di Desa Sungai akar rubuh serta tebing di Tanah Kampung juga runtuh akibat tingginya volume air sungai dampak dari hujan deras yang mengguyur.

“Tebing sungai runtuh akibat hujan deras yang menerjang,” sebut Rio.

Disamping itu, akibat hujan yang mengguyur, juga terjadi longsor di ruas jalan Sungai Penuh-Tapan. Akibatnya, dikilo meter 6, Arus lalu lintas jalan lumpuh total.

“Saat ini pihaknya bersama warga tengah berusaha membersihkan material longsor, kira juga sudah berkoordinasi dengan pihak Balai, serta Dinas PUPR Sungai penuh,” sebut Kapolsek Sungaipenuh, Iptu Yudhistira.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sungai Penuh, Martin menjelaskan saat ini pihaknya telah menurunkan dua alat berat untuk membersihkan material longsor di jalan Sungai Penuh hingga tapan.”saat ini alat berat dalam perjalanan untuk membersihkan material longsor di jalan,” singkat Martin. (hen)

Ruangan komen telah ditutup.