Tiga Paslon Pilkada Kerinci Saling Klaim Unggul

Kerinci, AP – Maskipun belum Pleno penghitungan suara, namun tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Kerinci, saling Klaim unggul hasil penghitungan sementara.

Calon Bupati Kerinci nomor urut 2, Adirozal, saat jumpa pers dirumah kediaman di Siulak mengatakan, bahwa meskipun paslon 2 saat ini unggul sementara berdasarkan hasil hitungan cepat yang dilakukan tim pemenangan Adi – Ami. Namun dirinya menegaskan, agar tetap menunggu hasil dari sidang pleno KPU nantinya.

“Dari hasil sementara, memang palson Adi-Ami unggul dari paslon lainnya. Ini sifatnya semeetara, maka kita tunggu hasil pleno KPU nanti. Namun demikian kita harapkan, semua kita mengawasi hasil yang ada saat ini,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa memang berdasarkan keinginan masyarakat Kerinci dan apa yang diharapkan Kapolda serta seluruh komponen, agar menjaga kedamaian, ketenangan dan kenyamanan. Sebab, hingga hari H, tetap berjalan kondusif. “semua komponen bekerja, termasuk rekan wartawan menjaganya, yang menciptakan tidak menimbulkan berita hoax, berita profokatif, ini tentu kita jaga terus menurus agar suasana kedepannya semakin kondusif,” ucapnya.

Dengan keunggulan hasil sementara ini, dirinya meminta kepada semua masyarakat terutama yang sekarang pendukung Adi-Ami, agar tidak eporia, dan melakukan hal yang tidak baik, karna ini masih hasil sementara.

“Begitu juga paslon lain, tidak perlu merasa terlalu sedih, kita kan rakyat Kerinci, semuanya yang kita bangun kerinci, pilihan yang berbeda itu biasa saja, yang penting bagi kita sama-sama membangun kerinci,” tegasnya.

Terkait masih ada saling klaim antar Paslon, dirinya menegaskan agar semuanya menunggu hasil pleno dari KPU nantinya. “kita sama menunggu KPU, jangan saling klaim, karna nantinya bisa menimbulkan yang tidak baik. Apa yang ada sekarang, itulah fakta dan realita politik kita saat ini,” ungkapnya.

Sementara pasangan Zainal Abidin-Arsal juga mengklaim menang menurut hitung cepat timnya meskibtidak seluruh data dari kecamatan belum masuk.

Hal ini disampaikan Arsal, Calon Wakil bupati Kerinci yang mendampingi Zainal mengatakan bahwa berdasar data yang masuk dari enam kecamatan Kerinci Hilir. ” Untuk sementara kita menang meski tidak semua data sudah masuk, dari enam kecamatan Kerinci hilir, kita dapat suara 80 persen,” kata Arsal.

Namun informasi saat ini belum final, karna setiap calon punya perhitungan sendiri, untuk memastikan tentu menunggu sidang pleno KPU. “Inikan hasil sementara kita masih menunggu putusan pleno KPU,” ujarnya.

Terpisah Sartoni, Ketua tim pemenangan paslon nomor urut 1 Monadi – Edison, dikonfirmasi via telfon terkait hasil Pilkada saat ini mengatakan bahwa masih menunggu hasil ril dari pleno KPU nantinya, meskipun hasil diberbagai hitungan cepat nomor urut 01 berada diurutan terakhir. “Kita belum mendapat informasi mana suara yang tertinggi, kita masih tetap menunggu data ril. Ini kan, masih data masing-masing kandidat,” kata Sartoni.

Dirinya menghimbau kepada tim pemenangan untuk tetap tenang, dan tetap menjaga keamanan agar Pilkada Kerinci aman dan damai. “Himbauan, untuk tim tetap tenang, semua kita serahkan ke hasil nantinya berdasarkan hasil pleno KPU,” tandasnya. (hen)

Ruangan komen telah ditutup.