Belum Ada Caleg Mendaftar

Kerinci, AP – Hingga H-2 penutupan pendaftaran Calon Legislatif baik di Kabupaten Kerinci maupun Kota sungai penuh, tidak kunjung mengajukan pendaftaran kepada Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kerinci maupun KPUD Sungai Penuh.

Kondisi ini sangat ironis, mengingat dua hari lagi tepatnya, Selasa (17/07) pendaftaran Caleg di kedua KPUD masih saja nihil.

Komisioner KPUD Kerinci, Kumaini membenarkan hingga saat ini masih belum ada Caleg yang mendaftar ke KPUD Kota sungai Penuh, kondisi ini sangat berbeda dari sejumlah caleg yang melaksanakan sosialisasi baik berbentuk baliho maupun di media sosial.

“Belum ada yang mendaftar, mungkin masih memenuhi syarat,”ungkapnya.

Hal yang sama juga terjadi di KPUD sungai penuh, sampai saat ini belum ada satupun caleg yang mengajukan pendaftaran dengan melengkapi syarat pendaftaran kepada pihak KPUD Sungai penuh, padahal jadwal pendaftaran tinggal dua hari lagi.

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar, pendaftaran ditutup tanggal 17 Juli 2018,”ungkap Komisioner KPUD Sungai Penuh, Irwan.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya melaksanakan tahapan Pileg sesuai dengan jadwal, termasuk pelaksanaan pendaftaran. Jadwal pendaftarannya dilaksanakan didasarkan pengusulan syarat pendaftaran dari para caleg.

“Kita masih menunggu caleg mendaftar, setiap harinya kita membuka pendaftaran dari pukul 08.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Selasa malam, tepat pukul 00.00 wib pendaftaran ditutup,”terangnya.

Saat ini, lanjutnya kendala yang terjadi merupakan kendala dari masing-masing caleg, karena caleg tengah mengurusi syarat pendafyaram. Beberapa diantaranya pemeriksaan kesehatan jasmani dan jiwa, untuk pelaksanaan pemeriksaan sendiri dilaksanakan di RSUD Kerinci.

“Kemungkinan di hari terakhir pendaftaran akan membludak, kita berharap caleg cepat mendaftar. Agar tidak terlalu mendesak do akhir waktu pendaftaran,”pintanya.(hen)

Ruangan komen telah ditutup.