Ir. Hj. Esrita Usman, M.Si : Ajak Orangtua Dampingi Tumbuh Kembang Anak

Jambi, AP – Maju atau tidaknya sebuah bangsa, tidak bisa dilepaskan dari peran para generasi mudanya. Generasi muda merupakan generasi emas bangsa yang harus dibina dan dididik untuk mendapatkan generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan bermoral.

Dipundaknya tertumpu sejuta harapan bangsa. Perkembangannya akan menentukan nasib bangsa seiring persaingan teknologi dan perkembangan zaman yang begitu kompetitif.

Untuk itu tokoh perempuan Jambi Ir. Hj. Esrita Usman, M.Si, mengajak para orangtua di momentum memperingati Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli 2018 benar-benar memperhatikan tumbuh kembang anak didiknya, mulai dari memperhatikan asupan hingga cara mendidik.

“Saya mengajak para orangtua dengan penuh keyakinannya bahwa anak yang dilahirkan itu semua sehat dan cerdas,” ujarnya, Minggu (22/7/2018).

Mantan Ketua PKK Tanjabbar dua priode itu mengakui tumbuh kembang karakter anak didik tidak bisa terlepas dari pola asuh orangtua. Karena, anak didik diibaratkan bagaikan kertas putih yang kosong.

“Jadi pola tingkah dan karakter anak itu sebagian besar ditentukan oleh didikan dilingkungan keluarga, anak itu sebuah anugrah yang dititipkan tuhan kepada kita. Mari kita para orangtua untuk menjaga dan mengayominya dengan baik,” paparnya.

Semasa memimpin PKK Tanjabbar dua priode, isteri dari Drs. H. Usman Ermulan, MM aktif mengampanyekan dan melakukan edukasi dengan dinas terkait untuk mengajak masyarakat memberikan makanan “empat sehat lima sempurna” kepada buah hatinya agar anak dapat tumbuh kembang dengan seimbang.

Bagi wanita lulusan S2 IPB itu, meski saat ini kondisi perekonomian masyarakat belum beruntung, tetapi untuk menyediakan makanan yang bergizi dapat dengan cara memanfaatkan lingkungan, seperti memanfaatkan lahan tidur untuk menanam sayur-sayuran dan berbudidaya ikan dan ternak.

“Banyak sumber gizi yang tersedia dilingkungan kita, alam terbuka dengan bersahabat untuk bercocok tanam menghasilkan sumber gizi yang seimbang,” imbuhnya.

Selain itu, untuk menjamin pendidikan yang berkualitas dan berkarakter khususnya di Provinsi Jambi, wanita yang juga merupakan kader PKS itu akan memperjuangan aspirasi masyarakat di Senayan di Pemilu Legislatif 2019.

Wanita yang juga pernah berprofesi sebagai dosen disalah satu universitas terkemuka di Jambi selama 28 tahun itu juga telah resmi mendaftar dirinya di KPU sebagai Bacaleg RI dapil Provinsi Jambi.

Menurut ibu dari tiga anak ini mengatakan pendidikan yang berkualitas akan menentukan pembangunan yang berkualitas juga bagi suatu daerah. Maka dari itu ditegaskannya, melalui tekadnya akan memperjuangkan pendidikan anak bangsa khususnya di Provinsi Jambi.

Dikatakannya tidak hanya dunia pendidikan saja yang menjadi perhatiannya, namun dibidang ekonomi dan peningkatan taraf hidup petani di Provinsi Jambi juga menjadi prioritasnya. (Budi)

Ruangan komen telah ditutup.