PUPR Provinsi Jambi Alokasikan Dana Rp 50 M Untuk Tour De Singkarak 2019

 

Jambi, AP — Untuk mensukseskan Event Tour De Singkarak – Kerinci yang akan digelar pada akhir tahun 2019 ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi telah mengusulkan penganggaran sebesar Rp50 Miliyar.

Hal itu disampaikan oleh Ir. M. Fauzi, MT saat mendampingi Gubernur Jambi, Fachrori Umar saat melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat dan perwakilan Balai Jalan Wilayah Sumatera Barat guna membahas event tersebut yang dilaksanakan pada Desember mendatang dengan melintasi Kabupaten Kerinci, Sungai Penuh – Tapal Batas Sumbar di Kota Sungai Penuh.

“Kita sangat serius merespon wacana ini, kita melalui Balai Jalan Nasional IV telah mengusul penganggaran dana sebesar Rp50 miliar untuk menunjang perbaikan jalan yang akan di jadikan lintasan pada event tahunan bertaraf Intersional ini,” kata Fauzi, Sabtu (6/4/2019).

Begitupun dikatakannya, jalur tersebut juga melintasi Taman Nasional TNKS yang mana masih sangat terjaga kelestariannya.

Sementara itu, hingga saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang menyiapkan 2 etape untuk Tour De Singkarak pada Tahun 2019 mendatang, yaitu dari Solok Selatan melewati Kerinci sampai ke Sungai Penuh, kemudian dilanjutkan dari Sungai Penuh melewati Pesisir Selatan.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs.H.Nasrul Abit menyampaikan, pada prinsipnya Sumatera Barat bersedia bekerjasama dengan Provinsi Jambi untuk memperpanjang jalur Tour De Singkarak, sehingga nantinya Provinsi Jambi akan mendapatkan 2 etape pada Tour De Singkarak 2019.

“Kita bersedia bekerjasama dengan Jambi untuk Tour De Singkarak ini, asalkan jalan yang akan dilewati kondisinya bagus, karena Tour De Singkarak ini tidak bisa dari Solok Selatan melewati Kerinci ke Sungai Penuh kemudian kembali lagi ke Solok Selatan, tetapi harus berputar dari Solok Selatan melewati Kerinci sampai ke Sungai Penuh kemudian dilanjutkan melewati Pesisir Selatan,” terang Nasrul.

Menurutnya, langkah awal adalah membuat kerjasama antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi terkait penyelenggaraan Tour De Singkarak.

Selanjutnya, akan ada tim survei dari Kementerian dan panitia Tour De Singkarak untuk melihat kondisi jalan serta persiapan lainnya termasuk pembiayaan.

Dia mengatakan, setelah ada kerjasama antara Gubernur Sumatera Barat dan Gubernur Jambi untuk Tour De Singkarak, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menindaklanjuti dengan melaporkan kepada Kementerian Pariwisata untuk meminta izin akan memperpanjang etape Tour De Singkarak sampai ke Provinsi Jambi. (Budi)

Ruangan komen telah ditutup.