Pemkab Batanghari Minta Pasokan Bawang Putih

Muarabulian, AP – Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi dalam waktu dekat akan turun ke daerah untuk mengecek stok dan harga kebutuhan pokok, khususnya bawang putih yang di awal Ramadan ini mengalami lonjakan drastis.

“Dalam waktu dekat Satgas Pangan dari provinsi bersama kabupaten bakal turun ke pasar,” kata Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Batanghari Suparno Selasa (7/5/2019).

Nantinya, lanjut Suparno, pihaknya juga akan minta pasokan bawang putih dari Kementerian Perdagangan.

“Kita masih menunggu. Sekarang belum sampai ke kita apakah bawang yang diimpor itu sudah sampai di gudang pusat atau belum,” tegasnya.

” Yang mengimpor itu pemerintah pusat. Tapi nanti disebarkan ke seluruh wilayah di Indonesia untuk mengantisipasi kekurangan stok,” tambahnya.

Mengenai pasokan bawang putih untuk Kabupaten Batanghari, Suparno mengatakan untuk wilayah Jambi memang tidak memadai.

“Sehingga harganya melambung tinggi dari harga normalnya yakni Rp. 30 ribuan perkilo. Semua setok pangan kita dari Jambi. Dan (setok) di sana memang kurang. Dan mau tak mau kita ajukan operasi pasar dari Bulog,” katanya.

Ditambahkan Suparno, pihaknya memprediksi dalam waktu dekat harga bawang putih bakal kembali turun seperti semula.

“Ini sudah kita bahas dalam rapat. Walau hal ini bukan terhadi di Provinsi Jambi saja, tapi ini langkah-langkah yang kita lakukan,” demikian Suparno. sup

Ruangan komen telah ditutup.