Formulasi Lipstik Pelembab Bibir Berbahan Dasar Minyak Tengkawang dengan Pewarna Alami Resin Jernang

aksipost.com – Minyak tengkawang dapat digunakan sebagai basis dalam proses pembuatan lipstik, hal ini disebabkan karena memiliki titik leleh yang hampir sama dengan lemak coklat, yaitu sebesar 35 derajat celcius, selain itu, juga memiliki kandungan asam stearat yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai pelembab bibir.

Dan untuk mendapatkan lipstik dengan nilai estetika yang baik, maka ditambahkan pewarna alami yang berasal dari resin Jernang dengan kadar dracohodin yang tinggi, sehingga memberikan warna lipstik yang menarik.

Berdasarkan hal tersebut, maka Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi (Unja) mengadakan penelitian yang didanai oleh DIPA PNBP LPPM Universitas Jambi yang diketuai oleh Dr. Dra. Yusnelti, M.Si dengan beranggotakan Uce Lestari, S.Farm, M.Farm, Apt dan dibantu oleh mahasiswa Program Studi Farmasi atas nama Shafira Dian Rizki Fitriana.

Penelitian ini bertujuan, untuk menentukan efektifitas emolien minyak tengkawang dalam melembabkan bibir dengan berbagai konsentrasi 9 persen, 13 persen dan 17 perset. Uji invitro efektifitas emollient dengan menggunakan alat skin analyzer.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa, semakin tinggi konsentrasi minyak tengkawang maka kemampuan untuk melembabkan bibir semakin baik dimana FIII (konsentrasi minyak tengkawang 17 persen) sebelum dioleskan kadar air sebesar 41,0 persen dan setelah dioleskan 51,2 persen dengan kategori lembab dibandingkan dengan lip balm yang beredar dipasaran dengan kadar air 38,1 persen.

Kedepannya, diharapkan agar lipstik pelembab ini dapat menjadi produk unggulan propinsi Jambi.

Penulis : Uce Lestari

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.