KKP Jambi Siagakan Petugas Sambut Jamaah Haji

Jambi, AP – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jambi menyiagakan petugas kesehatan di bandra untuk menyambut kedatangan jamaah haji.

“Pemeriksaan kesehatan secara mendetail itu tidak lagi dilakukan, namun tetap kita siagakan petugas kesehatan di bandara,” kata Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi KKP kelas III Jambi Andrian Lista Tarigan.

Dijelaskan Andrian, petugas kesehatan tersebut akan disiagakan di bandara. Dengan disiagakannya petugas kesehatan tersebut, diharapkan dapat melakukan tindakan-tindakan darurat jika sewaktu-waktu terdapat jamaah haji yang kondisi kesehatannya memburuk. Sehingga petugas kesehatan tersebut dapat melakukan tindakan awal dan dapat segera melakukan rujukan ke rumah sakit jika diperlukan.

Sementara itu, Sejumlah jamaah haji yang sempat alami penurunan kesehatan sewaktu hendak berangkat menunaikan ibadah haji dan terpaksa alami penundaan keberangkatan dalam keadaan baik. Namun sejumlah jamaah haji tersebut ada yang dipulangkan lebih awal karena alasan kondisi kesehatan yang menurun.

“Kalau dari laporan yang kita dapat, jamaah haji yang sempat alami penurunan kesehatan sewaktu hendak berangkat dalam keadaan baik, hanya saja sejumlah jamaah memang ada yang dipulangkan lebih awal, sekitar dua minggu sebelum jadwal kepulangan” kata Andrian Lista Tarigan.

Terdapat lima orang jamaah haji yang dipulangkan lebih awal karena alsan sakit atau kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Lima orang jamaah haji tersebut merupakan jamaah haji asal Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Bungo, Merangin dan Kabupaten Tanjab Barat.

Selain itu, KKP Jambi turut menghimbau jamaah haji untuk menjaga kesehatan, karena jamaah haji akan di hadapkan perubahan cuaca yang cukup signifikan antara cuaca di Arab Saudi dengan kondisi cuaca di Tanah Air. Serta KKP menghimbau jamaah haji untuk dapat melakukan pemeriksaan kesehatan ketika tiba di daerah masing-masing. (rul)

Ruangan komen telah ditutup.