Jambi akan Lakukan Hujan Buatan

Jambi, AP – Pantaun Aksi Post, Jambi Masih Diselimuti kabut asap cukup pekat sepanjang malam hingga pagi hari “Kabut ne kalau malam nampak nian, bikin mata pedih, napas sesak,” ujar pedagang, warga Simpang Rimbo.

Dalam acara coffee morning, Ketua DPRD Provinsi Jambi sementara dalam pidatonya mengatakan, asap masih menyelimuti provinsi Jambi termasuk kota Jambi yang dampaknya luar biasa.

“kemarin, saya bersama pak gubernur, Kapolda dan Dandrem, pemantau langsung titik titik api yang terjadi di provinsi Jambi,” ujarnya.

Lokasi kebakaran memang memprihatinkan, ada beberapa titik yang mungkin tidak bisa dikerjakan dengan tangan manusia, karena di Dendang begitu panjang lokasi kebakaranya, hampir 3 Kilo, gambut-gambut kedalamannya bisa 10 M, kemudian aksesnya sangat sulit, kemudian juga di sana titik air nya juga sulit.

“Ini memerlukan penanganan-penanganan yang terintegrasi, harus tidak bisa dikerjakan satu atau dua instansi, tapi bagaimana harmonisasi, sinkronisasi dan koordinasi antara pemerintah kabupaten kota pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menangani hal ini, kita sudah mengajukan ke pemerintah pusat untuk minta rekayasa cuaca hujan buatan,” ujarnya.

Lebih Jauh, Edi Purwanto mengatakan, diharapkan 2 atau 3 hari ini sudah dilakukan hujan buatan untuk di provinsi Jambi. (ran)

Ruangan komen telah ditutup.