Ratusan Siswa SD 20 Jembatan Mas Diberi Obat Cacing

Aksi Post.com- Dalam rangka antisipasi serangan penyakit menular terhadap anak anak siswa sekolah,Puskesmas Jembatan Mas menggelar Pemberian Obat Penyakit Menular(POPM) kepada 304 Siswa SD 20/I Jembatan Mas Jum’at 27/9.

Pemberian obat penyakit menular khusus kecacingan ini diberikan vaksin berupa tablet.Program ini memiliki sasaran usia kelas I s/d VI dan secara umum anak usia 1 sampai 12 tahun,dengan jumlah sasaran diwilayah Puskesmas Jembatan Mas sebanyak 3.800 sasaran.

SD 20/I Jembatan Mas dibawah pimpinan Raden Eri Wirojoyo,S.Pd ini merupakan sasaran yang ke 12 dari 14 SD Target sasaran Puskesmas Jembatan Mas.

“Agenda hari ini adalah sasaran yang ke 12 dari 14 SD.Pemberian obat cacing ini berupa tablet rasa jeruk tentunya diminati anak anak.”Ujar Riani Lestari,Am.Kep, penangung jawab program Jum’at 27/9.

Dikatakan Riani untuk SD 20/I Jembatan Mas sebanyak 304 Siswa,sementara dalam kegiatan 14 SD sebagai target sasaran pihak Puskesmas Jembatan Mas membentuk dua tim kerja dengan masing masing tim besertakan 4 orang tenaga medis.

“Giat ini merupakan pencegahan anak kecacingan,sebab anak usia SD ini rentan mengalami penyakit.Beberapa faktor yang menimbulkan penyakit cacing kepada anak,seperti pola makan tidak sehat,pola kebersihan dalam sehari hari.”Ungkap Riani.

Dijelaskannya kepada anak anak yang tidak hadir pada saat pemberian obat cacing tim akan menitipkan kepada UKS sekolah untuk selanjutnya diberikan kepada anak.

“Pelaksanaan seyogyanya dimulai tanggal 17 kemarin,berhubung anak anak libur sekolah disebabkan kabut asap maka jadwalnya ditunda,” jelasnya.

Kepala Sekolah SD 20/I Jembatan Mas Raden Eri Wirojoyo menyampaikan pihak sekolah juga memiliki tanggung jawab memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan agar tidak terinfeksi cacing.

“Siswa juga harus diajari tentang cuci tangan dengan sabun setelah BAB dan sebelum makan,sebagai upaya pencegahan penyakit kecacingan.”Tutupnya.Sup

Ruangan komen telah ditutup.