BNPB Dan TNI Taburkan 2.400 Kg Kapur Tohor Di Jambi

Aksi Post.com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menaburkan 2.400 kilo gram (kg) Kapur Tohor di kawasan Jambi dengan menggunakan pesawat CN-295 A-2901.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan mengatakan tim gabungan TNI dan BNPB melakukan penaburan Kapur Tohor di kawasan Jambi yakni di Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, dan wilayah Sumsel – Utara, Timur, Selatan dan Tenggara. “Kalau untuk Jambi ini sudah ke lima kali dan Sumsel sudah ke 25 kali,”katanya, Jum’at (11/10/2019)

Dia menegaskan saat ini pihaknya akan menaburkan sebanyak 2400 kg (2,4 ton) kapur Tohor.”Sudah ada sekitar 100 ton kita taburkan di Jambi, Riau dan Sumsel,”Ungkapnya.

Menurutnya untuk Jambi sudah di lakukan sebanyak 5 kali. 2 diterbangkan dari Riau, dan 3 dari Palembang. “Lima kali sudah kita terbangkan, dengan itu bisa meredam titik api bahkan bisa jadi nol. Titik hotspot naik turun tapi bisa ditekan sudah di bandingkan dengan sebelum nya,”tandansya

Sementara itu Kepala Divisi TMC, Marskal Pertama Basuki Rochmat menegaskan kapur tersebut ditebarkan di Jambi dan Sumsel. Hal itu dilakukan untuk menciptakan hujan buatan. “Meski hujan nya sifatnya lokal nantinya, ada yang 1 jam ada yang cuman 15 menit, yang jelas ini kita lakukan untuk menekan terjadi nya kebakaran,”tegasnya.

Disebutkan pihak telah menyebarkan di kapur Tohor tersebut di Sumatera dan Kalimantan. “Kapur itu di taburkan untuk memancing matahari menekan udara dan awan yang ada di udara,”tandasnya

Kita juga tidak hanya menyemai kapur tohor ini, akan tetapi kita harus berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi awan sebelum menyemai sehingga bisa efektif dalam menyemai kapur tohor dan menjadi hujan. (Sup/Penremgapu)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.