Pelatihan Agribisnis, Ternak Sapi Menambah Nilai Ekonomi Petani

Aksi post.com- Sebanyak 40 Orang Perwakilan Kelompok Tani dalam Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari Selasa 22/10 mengikuti pelatihan petani dan pelaku agribisnis pada sektor ternak Sapi.

Pelatihan tersebut sebagai upaya peningkatan kontribusi dan peran usaha ternak sapi sebagai langkah strategis untuk menambah nilai ekonomi petani dalam upaya mengatasi dan mengurangi angka kemiskinan.

Nara sumber handal disugukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari dibawah pimpinan Irwan SP ini,dengan mendatangkan nara sumber dari Badan Pelatihan Pertanian(Bapeltan) Propinsi Jambi. Dua nara sumber yakni Mariana,SP.MP dan Masnun,S.Pt.MSi,untuk menyajikan materi kepada peserta Kelompok Tani,tentang pentingnya pemeliharaan ternak dan pola integrasi tanaman dengan ternak.

“Kontribusi usaha ternak sapi merupakan sumbangan besar dalam meningkatkan ekonomi keluarga, dan ini menjadi hal penting untuk selalu ditingkatkan secara signifikan dan keberlanjutan. Karena peningkatan kontribusi usaha akan dapat meningkatkan ekonomi keluarga secara contras dan pasti secara spontanitas juga status sosial dan ekonomi keluarga akan meningkat,”Kata Lisa Mariana,SP.MP

Dikatakan Lisa Mariana,pemanfaatan lahan kebun kelapa sawit sangat cocok berintegrasi dengan ternak sapi,disamping kotorannya dimanfaatkan sebagai pupuk kandang,pelepah dan daun sawit dijadikan makanan ternak sapi.

“Integrasi itu Saling membutuhkan antara kebun kelapa sawit dengan ternak sapi,menjadi nilai tambah usaha keluarga dalam produksi kedua sektor itu.”Sebutnya.

Pelatihan diakhiri,dengan praktek (Silase) pembuatan pakan ternak dengan permentasi menggunakan microba menggunakan bahan dari jerami padi.(Sup)

Ruangan komen telah ditutup.