Bawaslu Batanghari Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Aksi Post.com- Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Batanghari Sabtu 23/11,melakukan evaluasi Pemilu 2019. Kegiatan Bawaslu dalam bingkai Pemilu Partisipatif ini melibatkan Partai Politik, Media, OKP dan Ormas guna menyongsong Pemilukada Serentak 2020.

Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini,digelar di Aula BP.PAUD Dikmas Propinsi Jambi Muara Bulian.

Ketua Bawaslu Batanghari, Indra Tritusian dalam sambutannya mengatakan, dalam menghadapi Pilkada serentak 2020 tidak ada perubahan secara signifikan dalam proses tahapan. Hanya saja terdapat perbedaan dasar hukum dalam penangan pelanggaran Pilkada. Pemilihan Umum tahun 2019, UU Nomor 07 2017 Tentang Pemilu menjadi acuan dasar hukum Bawaslu,sementara Pilkada 2020 acuan dasar hukum adalah UU Nomor 10 Tahun 2018 tentang pemilukada.

” Dalam penanganan pelanggaran Pilkada,kewenangan Bawaslu tidak setajam kewenangan Bawaslu saat pemilihan umum Presiden,DPR,DPD Dan DPRD Kabupaten Kota,” Kata Indra 23/11.

Lebih lanjut dikatakan Indra,Bawaslu
mengharapkan semua pihak,melalui Media,ormas,OKP dan Parpol bersinergi untuk dapat mensosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat,agar peraturan ini bisa dijalankan dengan baik untuk menjadikan pemilu damai dalam mensukseskan Pilkada serentak 2020.

“Kita mengharapkan sinergitas semua elemen masyarakat agar pilkada serentak 2020 berjalan dengan aman dan damai,”Tutupny.(Sup)

Ruangan komen telah ditutup.