Pemprov Bantu Berbagai Pembangunan Infrastruktur  Di Batanghari   

Batanghari, AP – Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berusaha membantu berbagai pembangunan infrastruktur dan pembangunan sektor lainnya di seluruh kabupaten dan kota se Provinsi Jambi, termasuk di Kabupaten Batanghari. Hal itu disampaikannya dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kabupaten Batanghari Tahun 2019, di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Batanghari, Senin (02/12/2019).

Fachrori menjelaskan, pada tahun 2019, Pemprov Jambi telah membantu Kabupaten Batanghari dalam pembangunan infrastruktur dan lainnya, yakni penanganan longsor Tempino Rp1,19 miliar, peningkatan jalan Simpang Duren – Sei Buluh sepanjang 2 Km senilai Rp7,32 miliar, peningkatan jalan Tempino – Bulian sepanjang 3,2 Km senilai Rp2,3 miliar, peningkatan jalan Simpang Penerokan – Sei Bahar 2 Km senilai Rp9,4 miliar, dan peningkatan jalan Penerokan – Suka Makmu – Sungai Bahar 3,2 Km senilai Rp24,72 miliar.

Fachrori mengajak Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batanghari serta semua pihak terkait untuk bersinergi dan berkolaborasi membangun Kabupaten Batanghari.

“Melalui momentum peringatan hari jadi Kabupaten Batanghari, saya mengajak seluruh masyarakat Batanghari untuk mengevaluasi dan memotivasi proses pembangunan yang telah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan. Tantangan kedepannya tidaklah ringan, kita harus meningkatkan pembangunan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama pendidikan dan peningkatan SDM dan kesehatan,”ujar Fachrori.

Selain itu, Fachrori mengatakan, Pemprov Jambi dalam membangun banyak mengalami kendala terutama masalah keterbatasan anggaran, keterbatasan sumber daya manusia, dan keterbatasan pembiayaan pembangunan. “Namun demikian itu bukan penghalang bagi kita untuk berikhtiar membangun, kita harus pandai mencari berbagai sumber pendapatan lain untuk membangun dan harus pandai mengelola dan mengatur pendapatan daerah,” ungkap Fachrori.

Fachrori menyatakan, Pemprov Jambi terus berupaya memfasilitasi penyelesaian berbagai permasalahan pembangunan yang dihadapi, dan berupaya mengedepankan aspek pemberdayaan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batanghari.

Dalam pemberdayaan masyarakat, lanjut Fachrori, yang perlu diperhatikan oleh Pemkab Batanghari adalah pemanfaatan lahan perkebunan, pertambangan, dan pertanian yang harus dipadukan dengan konsep pemberdayaan yang berkelanjutan. “Mengigat adanya resiko kerusakan lingkungan yang terjadi sebagai dampak aktivitas perekonomian di daerah. Untuk itu, saya mengajak semua pihak, baik itu pemerintah maupun non pemerintah untuk dapat menjaga lingkungan,” kata Fachrori.

Bupati Batanghari, Sahirsyah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Batanghari terus berupaya di berbagai bidang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama peningkatkan sumber daya manusia dan peningkatan ilmu teknologi dan perkembangan, pembangunan serta peningkatan kesehatan bagi masyarakat. “Untuk peningkatan pendidikan terus meningkat setiap tahunnya, pelayanan kesehatan masyarakat terus dilakukan dan terus mengalami perbaikan,” ujar Sahirsah.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Batanghari Anita Yasmin menyampaikan, HUT Kabupaten Batanghari setiap tahun terus  diperingati sebagai tolok ukur peningkatan pembangunan, Kabupaten Batanghari terus berkerja untuk meningkatkan pembangunan di segala bidang. Selain itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada pendiri Kabupaten Batanghari dari mulainya berdiri Kabupaten Batanghari. “Sudah banyak pembangunan yang dicapai, tapi itu belum cukup, kita harus terus berupaya agar masyarakat mencapai kemakmuran,” ungkap Anita Yasmin. (HMS)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.