Pilkades Serentak Di Batanghari Dilaksanakan Usai Pilkada

Aksi Post.com- Pelaksanaan pemilihan kepala desa(Pilkades) serentak dalam wilayah Kabupaten Batanghari diagendakan pada bulan Oktober 2020, usai pelaksanaan pemilihan kepala daerah(Pilkada).

Pemilihan kepala desa serentak bergelombang itu akan diikuti sebanyak 62 Desa yang saat ini 60 desa diantaranya diisi oleh Penjabat Kepala Desa (Pj) dan Kepala Desa Antar Waktu(Kaw).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Batanghari,Arief Budiman kepada Aksi Post Kamis 16/1 menjelaskan, secara substansi Pilkades serentak di Kabupaten Batanghari tidak ada penundaan pelaksanaannya. Pilkades tetap dilaksanakan pada tahun 2020 sesuai dengan jadwal.

“Pilkades serentak itu dilaksanakan harus diatas bulan Juni. Mengingat pada bulan Juli itu sudah memasuki tahapan Pilkada, maka tim Pilkades Kabupaten sepakat pelaksanaan pemilihan kepala desa digelar usai pilkada.”Ujar Arief diruang kerjanya Kamis(16/1/2020).

Dijelaskannya,Disamping hadapkan dengan proses tahapan pilkada pada bulan Juli, masih terdapat beberapa desa yang masa jabatan kepala desanya berakhir pada bulan Juni 2020.

“Masih ada Desa yang berakhir masa jabatan kadesnya pada bulan Juni. Dari kesepakatan tim maka, Pilkades digelar bulan Oktober dan pada bulan September sudah memasuki tahapan proses penjaringan calon Kepala Desa dan pencoklitan data pilih sementara DP4, hingga penetapan calon dan penetapan DPT”Tuturnya.

Lebihlanjut dikatakan mantan Kabag Hukum dan Perundang undangan Sekretariat DPRD Batanghari ini, Menghadapi Pilkades Serentak bulan Oktober 2020,Pemkab Batanghari menyiapkan sebanyak 28 unit Perangkat Komputer untuk E Voting.

“Tahun ini ada penambahan 10 Unit perangkat komputer yang sebelumnya hanya 18 Unit. Kita menargetkan Pilkades rampung dalam estimas 12 hari pelaksanaan pada bulan Oktober itu,”tutupnya.(Sup)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.