Pemkab Tanjabtim Sambut Baik Pada Kegiatan Tolak Balak Nipah Panjang

Muarasabak,AP – Kegiatan rutinitas tahunan Ratib Saman atau sering disebut dengan Doa Tolak Balak yang dilaksanakan di Kecamatan Nipah Panjang, Senin (8/4) malam ini, disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Dan hal ini tentunya juga dapat memperoleh manfaat yang positif untuk menciptakan kerukunan antara umat beragama.

Dalam sambutan Bupati Tanjabtim, H Romi Hariyanto yang diwakili Sekda Sapril menyampaikan, bahwa Pemkab Tanjabtim menyambut baik dengan kegiatan Ratib Saman di Kecamatan Nipah Panjang. Dan ini merupakan salah satu agenda kegiatan pariwisata setiap tahunnya. “Semoga dapat memperoleh manfaat yang positif bagi terciptanya kerukunan antara umat beragama. Ratib artinya wirid atau zikir dan Saman berasal dari nama Syeh yang menciptakan zikir tersebut,” paparnya.

Dengan adanya kegiatan zikir bersama ini, juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antara masyarakat dan mewujudkan rasa kebersamaan serta untuk mempererat tali persaudaraan diantara suku atau etnis di Kecamatan Nipah Panjang. “Bahkan kedepannya, kegiatan ini diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan setiap tahunnya,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, kalau kegiatan Ratib Saman ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan dan melestarikan kegiatan tahunan masyarakat agar dapat menjadi salah satu wisata religi disetiap tahunnya.”Ini lah bukti kepedulian Pemerintah Daerah untuk menjaga tradisi budaya masyarakat di Kecamatan Nipah Panjang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kalau beberapa agenda event lainnya telah dikembangkan dan dimiliki kearifan lokal seperti, Haul Syeh Abdul Qodir Jailani di Kecamatan Mendahara, festival kampung laut di Kecamatan Kuala jambi, Festival mandi shafar di Air Hitam Laut dan event event lainnya yang potensial untuk dikembangkan kedepannya.

“Kami berharap agar kegiatan ini lebih didukung secara bersama sama oleh masyarakat, sehingga event ini dapat menjadi salah satu event kebanggaan Pemerintah Daerah dan dapat memberikan dampak positif di masyarakat sekitarnya,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa ditahun 2019 ini merupakan tahun pesta Demokrasi, maka bagi seluruh lapisan masyarakat boleh untuk memilih wakil rakyat serta memilih Presiden dan Wakil Presiden untuk periode lima tahun berikutnya. Karena itu, semua elemen masyarakat ditantang untuk mewujudkan pesta Demokrasi ini dengan sejuk, aman dan damai.

“Mari kita sukseskan Pemilu tahun 2019 ini dengan memberikan hak suara kita. Jadilah pemilih cerdas dan lawan politik uang. Semua harus berperan untuk memajukan daerahnya masing-masing dengan tidak golput. Karena satu suara kita menentukan nasib bangsa ini. Dan Negara rusak bukan karena banyak orang jahat, tetapi diamnya orang baik,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Nipah Panjang Kamaruddin memaparkan, dengan digelarnya Ratib Saman ini semoga Kecamatan Nipah Panjang khususnya dan Kabupaten Tanjabtim umumnya dijauhkan dari marabahaya dan penyakit.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh semua pihak atas partisipasi mensukseskan kegiatan Ratib Saman ini. Dan saya berharap kepada masyarakat, kedepan kegiatan Ratib Saman ini akan menampilkan budaya budaya yang ada di Kecamatan Nipah Panjang,” paparnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tanjabtim atas pembangunan yang ada di Kecamatan Nipah Panjang. Mari kita sama-sama mensukseskan visi Merakyat di Kecamatan Nipah Panjang ini,” pungkasnya.

Reporter : Sugianto Nipah

Ruangan komen telah ditutup.