PDIP Teratas, Golkar dan PAN Berbagi Kursi Pimpinan

Kualatungkal, AP – 35 anggota DPRD Tanjabbar periode 2019-2024 sudah bisa diraba hasilnya. Dari jumlah tersebut,  delapan kursi direngkuh PDI Perjuangan. Dari lima dapil, dapil 4 PDIP meraih tiga kursi, Dapil 1 dua kursi, selebihnya tiga dapil lainnya masing-masing meraih satu kursi.

Dengan hasil ini, pucuk pimpinan DPRD Tanjabbar dapat dipastikan milik partai berlambang kepala banteng moncong putih. Selanjutnya, kursi wakil Ketua DPRD dipastikan milik Golkar (6 kursi) dan PAN (5 kursi).

Selanjutnya  PKB, Gerindra dan Demokrat masing-masing meraih tiga kursi, PKS dan Nasdem masing-masing dua kursi. Kemudian, PPP, PBB dan Berkarya masing-masing satu kursi. Sementara partai yang tidak beruntung meraih kursi di DPRD Tanjabbar, Hanura dan Perindo.

Sementara itu, persaingan menarik justru terjadi diinternal PDIP dapil 1 Tungkalilir-Bramitam-Seberang Kota. Kendati sudah dupastikan mendapat dua kursi, namun “rebutan” kursi kedua ini sangat keras dimana melibatkan persaingan antara istri Bupati Tanjab Barat, Cici Halimah Safrial, SE nomor urur 1 dan Caleg PDIP nomor urut 3 H Efendy.

Awalnya, karena berstatus istri  orang nomor satu di Tanjabbar, Cici Halimah Safrial yang notabene sebagai calon petahana diprediksi melenggang mulus duduk di DPRD Tanjabbar untuk ketiga kalinya. Namun prediksi publik meleset, Cici Halimah justru tertinggal jauh dari rivalnya Hasmely caleg nomor urut 2 PDIP yang justru meraih suara kurang lebih 2.400.

Cici Halimah hanya memperoleh suara dibawa angka 2.000, jumlah ini membuat posisinya rawan terjungkal alias tidak mendapat kursi karena ada pesaing berat liannya di PDIP H Efendy yang meraih suara sama banyak atau beda tipis dengan selisih puluhan. Kehawatiran ini bertambah, karena ada PSL dua TPS di Desa Kuala Baru Kecamatan Sebetang Kota.

Hasil PSL, TPS 01 Suara Cici Halimah mendominasi dengan raihan mendapat 46 suara, sedangkan H Efendy hanya mendapat 19 suara, kemudian di TPS 02, Cici Halimah meraih 22 suara dan H Efendy  12 suara. Dengan hasil ini, membuat Cici Halimah bernafas lega dan mempertebal jarak dengan H Efendy sekaligus melenggang mulus masuk ke DPRD periode 2019-2024  mendampingi Hasmely dari dapil 1.

Proses pemilihan suara lanjutan ini dipantau langsung oleh Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi beserta rombongan, Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjab Barat Hadi Siswa, Sekretaris dan Komisioner KPU Tanjab Barat, PPK dan Panwascam Seberang Kota, serta PSL ini juga dilakukan pengaman ketat oleh Pihak Kepolisian Polres Tanjab Barat dan Pihak TNI dari Kodim 0419/Tanjab serta Satpol PP Tanjab Barat. (ibr)

 

Ruangan komen telah ditutup.