Sekda Harap Generasi Kini dan Mendatang Semakin Peduli Lingkungan

Jambi, AP – Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto, berharap agar generasi kini dan mendatang semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan, sebagai upaya untuk mendukung dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Harapan tersebut dikemukakannya saat membuka Kegiatan Program Kepemimpinan Berwawasan Lingkungan (Environmental Leadership Programme) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, di Aula Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi, Rabu (13/11) pagi.

Sekda menyatakan sangat menghargai kegiatan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Provinsi Jambi sebagai upaya untuk menggugah kesadaran aparatur untuk melestarikan lingkungan. Sekda mengharapkan sekaligus menekankan supaya para peserta acara, yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, serta 15 orang kepala sekolah SLTA benar-benar mempunyai kesadaran akan pentingnya kepemimpinan yang berwawasan lingkungan, yang memiliki kepekaan terhadap kondisi lingkungan dan berupaya melestarikan lingkungan.

Kepemimpinan yang berwawasan lingkungan, kata Dianto, juga merupakan bagian dari upaya untuk mewariskan hal yang positif kepada genetrasi selanjutnya.

Sekda mengungkapkan, kasus kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, tercemanya Sungai Batanghari akibat Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), dan penambangan illegal (illegal drilling), dan permasalahan sampah khususnya sampah plastik di Provinsi Jambi, memberikan pelajaran berharga pada kepemimpinan berkelanjutan, kepemimpinan yang berwawasan lingkungan.

“Dalam mengambil keputusan suatu kegiatan, seorang pemimpin harus memperhatikan 3 aspek, yaitu: aspek ekonomi dapat menguntungkan, aspek teknis dapat dijalankan, dan aspek lingkungan tidak merusak lingkungan. Aspek lingkungan yang perlu dipertimbangkan antara lain Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan (DDTL), kesesuaian tara ruang, Kajian LIngkungan Hidup Strategis (KLHS), dan kajian lingkungan hidup secara komprehensif,” jelas Sekda. (HMS)

 

Ruangan komen telah ditutup.